Syarat Lokasi Usaha Budi Daya Jamur


Lokasi Usaha Budi Daya Jamur

Pertanianku -Berikut adalah beberapa syarat pemilihan lokasi usaha budi daya jamur yang baik;

1) Pilihlah lokasi sesuai dengan syarat tumbuh miselium jamur dan jamur yang akan dibudidayakan. Misalnya, pembibitan jamur merang diusahakan di daerah dataran rendah yang mempunyai suhu udara lingkungan 30—32o C karena miselium jamur merang tumbuh baik pada suhu tersebut. Untuk jamur kancing dan jamur shiitake, lokasi pembibitannya diusahakan di daerah dataran tinggi dengan suhu 20—24o C karena miselium jamur tumbuh optimal pada suhu tersebut dan biasanya untuk lebih mendekatkan dengan lokasi penanamannya. Adapun untuk budi daya, misalnya, lokasi budi daya jamur merang diusahakan di daerah dataran rendah yang mempunyai suhu udara lingkungan 33—36o C.

2) Lokasi pembibitan dan budi daya jamur terletak jauh dari pabrik atau pembuangan limbah berbahaya ataupun tempat pembuangan sampah. Hal ini untuk mengurangi risiko kontaminasi.

3) Pilihlah lokasi pembibitan dan budi daya jamur yang dekat dengan sumber bahan baku yang digunakan. Hal ini akan bermanfaat dalam mengurangi biaya transportasi yang dikeluarkan.

4) Pilihlah lokasi pembibitan dan budi daya jamur yang dekat dengan sumber air. Pastikan sumber air yang ada tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik.

5) Jika pembibitan dan budi daya jamur dilakukan dalam skala besar, dibutuhkan asupan listrik untuk menggerakan mesin-mesin. Oleh karena itu, pastikan lokasi mudah dalam mendapatkan instalasi listrik.

Adapun lokasi usaha jamur yang hanya skala rumah tangga, dapat dilakukan di dalam rumah (dapur, misalnya) ataupun di pekarangan rumah. Pembuatan media tanam jamur kultur murni dan bibit induk dapat menggunakan dapur. Sementara itu, tempat pembuatan media semai dan sterilisasi medianya dapat menggunakan halaman pekarangan rumah.

Baca Juga:  Seleksi Bibit Padi, Begini Cara Gampangnya

Pembuatan bibit berkualitas sebaiknya dilakukan di laboratorium. Tujuannya untuk menghindari kontaminasi dalam budi daya jamur. Namun, bibit jamur juga dapat dibuat dengan memanfaatkan kamar rumah yang tidak digunakan. Kamar rumah disekat menjadi dua, ruangan pertama untuk tempat inokulasi dan ruangan kedua untuk tempat inkubasi.

 

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Jamur

 

loading...
loading...