Syarat Pembuatan Kandang Penggemukan Sapi

PertaniankuKandang penggemukan sapi yang digunakan harus diperhatikan agar memudahkan Anda untuk menjalani proses pemeliharan ternak. Selain itu, kandang juga harus dibuat nyaman bagi sapi agar tidak stres dan tidak mudah jatuh sakit. Ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan untuk membuat kandang penggemukan sapi, simak ulasan berikut ini.

kandang penggemukan sapi
foto: pertanianku

Nyaman bagi sapi

Syarat utama yang harus dilakukan adalah membuat kandang nyaman untuk sapi. Sapi dapat tumbuh dengan sehat jika kandang yang digunakan dapat memberikan kenyaman bagi sapi. Jika kandang tidak nyaman, sapi lebih mudah stres dan jatuh sakit. Akibatnya, Anda bisa merugi karena harga jual rendah atau bahkan sama sekali tidak bisa dijual.

Loading...

Memudahkan pekerja

Kandang juga dibuat untuk memudahkan pekerja yang mengurus sapi. Jika pekerja lebih mudah melakukan aktivitasnya, proses produksi akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, selain memerhatikan faktor kenyamanan sapi, pembuatan kandang juga harus memerhatikan kenyamanan pekerja. Pastikan kandang yang digunakan mudah untuk dibersihkan agar kebersihan kandang dapat terjaga.

Dapat melindungi kesehatan sapi

Kandang yang digunakan harus bisa memberikan perlindungan untuk sapi, termasuk perlindungan kesehatan. Kandang harus rutin dipantau perkembangannya. Jika terjadi kerusakan atau kebocoran, harus segera ditangani agar tidak membahayakan sapi. Kandang juga harus rajin dibersihkan untuk menghindari penyebaran bibit penyakit.

Memiliki ventilasi yang baik

Sirkulasi udara sangat memengaruhi kondisi di dalam kandang dan kenyamanan sapi. Sirkulasi udara yang buruk dapat menyebabkan sapi stres dan kondisi kandang jadi lembap sehingga mudah ditumbuhi jamur. Pastikan ventilasi kandang baik sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

Bahan yang digunakan dapat bertahan lama

Gunakan bahan-bahan pembuat kandang yang kuat dan tahan lama agar memudahkan Anda untuk tidak mengeluarkan biaya perbaikan kandang karena bahan lapuk atau keropos.

Baca Juga:  Memelihara Kambing yang Sedang Bunting

Tidak ada genangan air

Genangan air merupakan hal yang berbahaya dan harus segera diatasi karena bisa menyebabkan kondisi kandang menjadi lebih lembap sehingga mudah ditumbuhi penyakit dan jamur dan serangga lainnya yang dapat mengganggu kesehatan sapi.

Loading...
Loading...