Syarat Pertanian Organik Ini Wajib Anda Tahu

Pertanianku — Pertanian organik adalah sistem bercocok tanam yang menghindari penggunaan pupuk kimia (pabrik), pestisida, herbisida, zat pengatur tumbuh, dan aditif pakan. Hal ini bertujuan menghasilkan produk yang lebih menyehatkan. Syarat pertanian organik mengacu pada hal-hal yang bersifat alamiah.

Syarat pertanian organik
Foto: Pixabay

Pasalnya, budidaya tanaman berwawasan lingkungan adalah suatu budidaya pertanian yang direncanakan dan dilaksanakan dengan memperhatikan sifat-sifat, kondisi, dan kelestarian lingkungan hidup. Dengan demikian, sumber daya alam dalam lingkungan hidup dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Jadi, kerusakan dan kemunduran lingkungan dapat dihindarkan dan melestarikan daya guna sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Nah, untuk menghasilkan pertanian organik yang sesuai dengan standar harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu seperti di bawah ini.

Loading...
  • Penggunaan benih lokal atau benih hibrida yang telah beradaptasi dengan alam sekitar agar tahan dengan iklim lokal dan bukan benih dari hasil rekayasa genetika.
  • Menghindari penggunaan pupuk buatan (anorganik) dan pestisida sintesis sehingga menekan pencemaran udara, tanah, dan air.
  • Mempromosikan penggunaan tanah, air, dan udara secara sehat.
  • Meminimalkan semua bentuk polusi yang dihasilkan dari praktik-praktik pertanian.
  • Kesuburan dan aktivitas biologis tanah pada pertanian organik harus dijaga dan ditingkatkan dengan menanam tanaman leguminoceae (kacang-kacangan) atau menanam tanaman yang mempunyai perakaran dalam melalui program rotasi tanaman yang sesuai.
  • Pengendalian hama, penyakit dan gulma tidak memperkenankan dengan menggunakan pestisida sintetis. Pengendalian dapat dilakukan dengan cara pengendalian mekanis, penggunaan pestisida nabati, penggunaan musuh alami, varietas tahan, rotasi tanaman dan prinsip lain yang selaras dengan alam.
Baca Juga:  7 Manfaat Berkebun Terhadap Kesehatan Mental
Loading...
Loading...