Syarat-syarat Berbisnis Ayam Broiler Organik

Pertanianku — Kebutuhan ayam terus meningkat seiring dengan tingginya permintaan konsumen. Salah satu cara memanfaatkan peluang ini adalah dengan berbisnis ayam broiler. Siapa sangka, ternak ayam broiler ternyata mudah dan memiliki beragam keuntungan dibanding ternak jenis lain.

Ternak ayam broiler
Foto: dok. Pertanianku

Ayam broiler banyak dipilih untuk diternakkan karena berbagai keunggulannya. Ras ayam broiler merupakan ayam unggul sebagai ayam pedaging. Ayam broiler sendiri merupakan hasil persilangan dari ras ayam dengan produktivitas daging yang tinggi.

Pemilih ayam broiler untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga dilakukan karena ras ayam ini memiliki performa yang semakin bagus. Hanya saja, agar produktivitasnya maksimal haruslah ditunjang menggunakan DOC yang baik, pakan berkualitas, serta sistem pemeliharaan yang ketat.

Loading...

Kini, mulai banyak peternak ayam broiler yang beralih ke ayam broiler organik. Kesadaran konsumen akan pentingnya pangan sehat sudah semakin meluas. Selain sayuran dan makanan pokok, kebutuhan lauk seperti ayam juga mulai dilirik dari segi organik tidaknya.

Berbisnis ayam broiler organik yang sedang naik daun dapat Anda pelajari di buku Ayam Broiler Organik yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Di buku ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mulai dari teknik budidaya, memilih DOC, hingga strategi penjualan.

Sebelum terjun ke dunia budidaya, sebaiknya Anda memiliki syarat menjadi peternak ayam broiler. Syarat-syarat ini harus dipenuhi karena Anda akan bertanggung jawab terhadap produktivitas ayam dan kualitas ayam yang dihasilkan. Dengan begitu, ternak yang dilakukan pun tidak menuai kerugian.

Syarat beternak ayam broiler organik yang pertama adalah peternak harus memiliki penguasaan ilmu. Beberapa ilmu yang penting dimiliki adalah pemilihan bibit unggul dan penyediaan ransum bagi ayam broiler.

Selain itu, penting juga bagi peternak ayam broiler untuk mengerti tata letak kandang, tata cara merawat ayam, termasuk pengendalian penyakit.

Baca Juga:  Mengatasi Penyakit Mastitis Sapi yang Sering Dikhawatirkan Peternak

Peternak yang baik juga harus tekun dalam beternak. Kedisiplinan dalam memelihara dan bertanggung jawab pada kehidupan hewan ternak, dalam hal ini ayam broiler, juga perlu dimiliki.

Terakhir, peternak ayam broiler, baik pemula maupun yang sudah lama berkecimpung juga harus memiliki mental yang kuat. Berbisnis ayam broiler cukup riskan jika Anda kurang memahami ilmu beternak dan tidak memiliki mental yang kuat. Jangan mudah putus asa dan harus sabar saat diterpa kendala teknis hingga masalah ekonomi.

Loading...
Loading...