Syarat-syarat Penting Agar Tanaman Buah Cepat Berbuah

Pertanianku — Mendapatkan buah dalam waktu yang tepat dan berjumlah banyak merupakan hasil yang diharapkan dari tanaman buah. Namun, terkadang para petani atau hobiis tanaman buah menemui kendala bahwa tanamannnya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbuah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda harus mengetahui penyebab tanaman buah tersebut tidak berbuah.

tanaman buah
foto: pixabay

Anda harus mengetahui syarat-syarat penting yang harus dipenuhi agar tanaman dapat berbuah sesuai dengan keinginan pemilik. Berikut ini syarat yang harus Anda perhatikan saat memelihara tanaman buah.

Sifat tanaman

Loading...

Sifat tanaman menjadi syarat pertama yang harus Anda ketahui betul-betul. Dengan mengetahui sifat tanaman, Anda bisa membedakan mana bibit unggulan dan tidak. Penting untuk menggunakan bibit unggulan karena bibit unggulan merupakan cikal bakal tanaman yang dapat menghasilkan buah yang melimpah. Pastikan bibit tanaman yang digunakan bukan berasal dari keturunan tanaman yang mandul.

Makroaklimat tanaman terpenuhi

Makroaklimat tanaman meliputi lingkungan tempat tumbuh tanaman seperti iklim, tinggi tempat yang memengaruhi suhu udara, kelembapan udara, dan sinar matahari. Faktor tersebut harus disesuaikan dengan sifat tanaman agar tanaman dapat tumbuh dengan subur secara optimal. Pada dasarnya, tanaman bisa ditanam di luar daerah yang tidak sesuai dengan makroaklimat tanaman, tetapi pertumbuhannya tidak akan optimal, bahkan tidak dapat menghasilkan buah sama sekali.

Mikroaklimat tanaman terpenuhi

Mikroaklimat tanaman meliputi struktur tanah, keadaan air tanah, suhu tanah, kelembapan tanah, pH tanah, unsur hara di dalam tanah, dan mikroorganisme yang berada di dalam tanah. Seluruh hal tersebut harus dimiliki karena tanah merupakan tempat hidup tanaman, baik sebagai tempat tumbuh, tempat mencari makan, dan tempat mengokohkan akar agar tidak mudah tumbang.

Baca Juga:  Kunci Sukses Berkebun Durian

Keadaan tanaman sehat dan sudah dewasa

Seperti manusia, tanaman dapat berbuah dengan lebat jika tanaman sudah memasuki umur untuk berbuah. Tanaman yang masih di bawah umur tidak bisa dipaksakan untuk berbuah karena belum memasuki masa pertumbuhan generatif.

Jika keempat syarat tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa melakukan percepatan pembuahan dengan memberikan perawatan khusus seperti pemangkasan, pelukaan batang, pengairan, pemupukan, dan pemberian ZPT (zat perangsang tumbuh).

 

Loading...
Loading...