Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Bombai


Pertanianku – Istilah bawang bombai berawal ketika komoditas ini pertama kali dibawa oleh pedagangpedagang dari kota Bombay (sekarang disebut Mumbai) India ke Indonesia. Bawang bombai (Allium ceva) termasuk herba biennial (tanaman dua musim) yang dibudidayakan sebagai tanaman annual (semusim), kecuali untuk produksi benih.

bawang bombay (2)

Bawang bombai atau bawang timur berada dalam satu garis keturunan dengan bawang merah (Allium cepa L.). Perbedaan antara bawang merah dan bawang bombai tidak terlalu menyolok, kecuali bentuk dan bau atau aromanya. Bawang bombai adalah tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Tanaman ini mempunyai akar serabut dengan daun berbentuk silinder berongga. Umbi terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar, dan membentuk umbi berlapis. Umbi bawang bombai terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu.

Tanaman bawang bombai tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun dan termasuk tanaman yang memerlukan penyinaran matahari cukup panjang, kira-kira lebih dari 4 jam/hari. Apabila terlalu pendek atau berada di tempat yang teduh atau terlindung sehingga tidak cukup mendapat penyinaran matahari maka hasil produksinya rendah, rasanya agak tawar, dan tidak tahan disimpan lama. Oleh karena itu, bawang bombai ditanam di tempat yang udaranya sejuk. Suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman 18—20o C. Pada suhu udara yang lebihrendah 1—1,5o C, bawang bombai masih mampu membentuk bunga. Kondisi udara dengan kelembapan relatif berkisar 80—90% (cukup lembap) sangat baik untuk pertumbuhan tanaman bawang bombai.

Ketinggian optimum yang cocok untuk budi daya bawang bombai adalah ± 1.500 m dpl, dengan cahaya matahari yang cukup, dan pH tanah 5,5—6,5. Tanah yang cocok untuk tanaman bawang bombai adalah tanah yang subur, banyak humus, dan gembur. Tanah hendaknya bersifat mudah meneruskan air sehingga tidak mudah becek dan memadat. Jenis tanah yang paling baik adalah tanah lempung berpasir atau lempung berdebu,yaitu tanah yang memiliki perbandingan seimbang antara fraksi liat, pasir, dan debu.

Baca Juga:  Terungkap Alasan Tidak Adanya Brokoli dalam Kemasan Kaleng

 

Sumber: Buku 15 Sayuran Organik dalam Pot

 

loading...
loading...