Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Merah

Pertanianku – Pada dasarnya, bawang merah (Allium cepa cv. ascalonicum) mudah dibudidayakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam keberhasilan budidaya bawang merah. Sebagai contoh, diketahui bahwa bawang merah tumbuh baik pada media tanah yang gembur, subur, dan cukup bahan organik. Pertumbuhannya akan terganggu jika terlalu banyak hujan atau terlalu kering.

Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Merah

Agar tumbuh subur, bawang merah harus ditanam di tempat yang memenuhi syarat tumbuhnya, meliputi iklim, dan kesuburan tanah. Apabila syarat tumbuh tidak terpenuhi, akan menyebabkan turunnya produksi.

Loading...
  1. Iklim

Pada umumnya, bawang merah tumbuh baik di dataran rendah. Hal ini karena pembentukan umbi membutuhkan suhu tinggi. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan bawang merah sekitar 23—32° C, sedangkan di bawah suhu 23° C hanya akan menghasilkan sedikit umbi atau tidak sama sekali.

Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Hal ini karena jika ditanam pada musim hujan, pertumbuhan tanaman kurang baik dan mudah terkena penyakit. Tanah yang tergenang air juga dapat menyebabkan umbi membusuk sehingga tidak dapat berproduksi. Penanaman bawang merah pada musim hujan dapat disiasati dengan penggunaan plastik mulsa dan benih yang bermutu.

  1. Tanah

Tanah yang cocok untuk menanam bawang merah adalah tanah lempung berpasir, geluh (loam) berpasir, remah, tidak mudah tergenang air, gembur, subur, dan banyak mengandung bahan organik. Derajat Dalam pertumbuhannya, tanaman membutuhkan sinar matahari 100%. Semakin lama penyinaran akan semakin baik pertumbuhan tanaman. keasaman tanah yang baik sekitar pH 6—7. Apabila pH kurang dari 6, dapat ditingkatkan dengan cara pengapuran. Sementara itu, bila pH di atas 7 dapat diturunkan dengan pemberian pupuk kandang dan tepung belerang atau kliserit (MgSO4·H2O).

Baca Juga:  Tabulampot Jeruk Tidak Kunjung Berbuah? Mungkin Ini Penyebabnya!
Loading...
Loading...