Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Pertanianku – Tanaman melon dapat tumbuh optimum pada ketinggian 250—800 meter di atas permukaan laut (m dpl), curah hujan antara 1.500—2.500 mm/tahun, dan kelembapan udara antara 50—70%. Melon yang ditanam di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 250 m dpl akan menghasilkan buah berukuran relatif lebih kecil dengan daging buah yang kering dan kandungan air sedikit. Sementara itu, curah hujan yang terlalu tinggi dapat menggugurkan calon buah dan menguntungkan bagi perkembangbiakan patogen. Lingkungan yang terlalu lembap juga dapat menghambat perkembangan akar.

Syarat Tumbuh Tanaman Melon

Jenis tanah yang cocok untuk tanaman melon adalah tanah andosol (liat berpasir) dengan kandungan bahan organik yang tinggi. Jenis tanah ini memudahkan akar tanaman untuk berkembang dengan baik sehingga menghasilkan tanaman yang berkualitas. Pada awal penanaman dibutuhkan banyak air untuk pertumbuhan tanaman melon sehingga peran pengairan sangat penting pada periode ini Suhu udara yang sejuk ideal untuk pertumbuhan tanaman melon, yaitu berkisar 25—30° C pada siang hari dengan sinar matahari yang tidak terlalu terik dan suhu malam hari antara 18—20° C. Daerah yang memiliki suhu di bawah 18° C kurang cocok untuk membudidayakan melon, karena pada suhu tersebut pertumbuhan tanaman kurang optimal, begitu pun dengan suhu yang terlalu tinggi.

Loading...

Teknik penanaman melon di Indonesia umumnya dilakukan di lahan terbuka seperti area persawahan atau ladang. Budi daya dilakukan dengan sistem bedengan. Sistem drainasenya harus baik agar tanaman tidak tergenang dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan kematian. Selain itu, peluang terserang penyakit juga lebih besar. Budi daya biasanya dilakukan pada musim kemarau dengan luas lahan minimal 1.000 m2, sedangkan varietas yang dipilih sesuai dengan permintaan pasar dan memiliki harga jual tinggi.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Durian yang Berkualitas

Petani melon biasanya menanam melon secara berpindah-pindah pada lahan sawah atau ladang bekas ditanami padi. Hal ini dilakukan untuk menghindari serangan hama dan penyakit tanaman yang akan muncul jika tidak dilakukan rotasi tanaman.

 

Sumber Buku: Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

 

Loading...
Loading...