Syarat Wajib untuk Membuat Kandang Burung Puyuh Ternak


Pertanianku — Dalam usaha budidaya ternak burung puyuh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya kandang yang baik dan nyaman. Hal itu supaya mempermudah Anda dalam perawatan serta menghasilkan produksi yang maksimal. Beberapa syarat wajib untuk membuat kandang burung puyuh ternak penting untuk Anda perhatikan.

kandang burung puyuh
Foto: Shutterstock

Adapun syarat yang wajib Anda ikuti dalam membuat kandang ternak burung puyuh sebagai berikut.

  1. Pemilihan lokasi kandang

Jika Anda ingin sukses dalam usaha ternak burung puyuh, sebaiknya Anda membuatkan kandang yang lokasinya jauh dari pemukiman penduduk atau jauh dari keramaian.

Sebab, selain bisa mengganggu kenyamanan warga karena bau kotoran puyuh, lokasi yang ramai aktivitas dan bising juga bisa membuat burung puyuh mudah stres. Dengan begitu, dapat mengakibatkan lambatnya pertumbuhan puyuh dan hasil produksi pun menurun.

  1. Sirkulasi udara lancar

Kandang harus didesain dengan baik agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari bisa masuk ke kandang. Tujuannya, mengurangi bau yang dihasilkan dari kotoran burung, serta untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau bibit penyakit.

  1. Aman dari gangguan binatang predator

Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, lokasi kandang harus aman dari binatang predator, baik itu kucing, tikus, ular, semut maupun binatang lainnya.

  1. Lokasi mudah dijangkau

Selain aman dari predator, lokasi kandang juga harus memiliki jalan keluar masuk alat transportasi untuk memudahkan pengiriman bahan makanan serta penjualan hasil produksi nantinya.

  1. Dekat dengan sumber air

Pilihlah lokasi kandang yang dekat dengan sumber air bersih. Ini karena air bersih juga sangat dibutuhkan dalam usaha ternak puyuh. Selain untuk air minum, air bersih bisa juga digunakan untuk membersihkan kandang dan peralatannya.

  1. Lampu penerangan
Baca Juga:  5 Tantangan Bisnis Unggas yang Perlu Diketahui

Hal yang tak kalah penting ialah kandang harus diberi lampu penerangan agar aktivitas burung puyuh tidak terganggu. Sebab, biasanya puyuh juga beraktivitas saat malam hari seperti makan dan bertelur.