Tabulampot Durian, Si Kerdil Penghasil King of Fruits

Pertanianku — Durian terkenal sebagai pohon buah dengan tajuknya yang lebar dan besar, tetapi sebenarnya durian bisa ditanam di dalam pot atau tabulampot. Tabulampot durian bisa menjadi salah satu tanaman pilihan yang bagus dirawat di pekarangan. Apalagi, pohon durian saat ini sudah mampu berbuah di luar musim jika diberikan perlakuan khusus.

tabulampot durian
foto: Pertanianku

Ada beberapa varietas durian unggul yang bisa dijadikan tabulampot. Salah satu varietas durian yang bisa dijadikan tabulampot adalah durian D24. Varietas durian ini terkenal sebagai premium grade, meskipun memiliki kulit yang tebal, buah durian D24 cukup mudah dibuka.

Daging durian D24 bertekstur lembut dan rasanya manis di lidah. Selain itu, daging buah juga tebal dan berwarna kuning keemasan sehingga orang yang memakannya lebih puas.

Durian D24 sebenarnya berasal dari Malaysia, tetapi sudah bisa dibudidayakan dengan mudah di Indonesia, asalkan syarat tumbuhnya sudah terpenuhi. Durian ini bisa ditanam di daerah dengan ketinggian kurang dari 800 m dpl, suhu udara sekitar 20—30°C, dan curah hujan standar sekitar 1.500—3.000 mm/tahun.

Tanah yang dibutuhkan untuk menanam durian D24 harus subur atau kaya bahan organik, gembur, dan tidak bercadar. Jenis tanah yang cocok adalah grumsol dan andosol, tanah tersebut memiliki ciri-ciri seperti berwarna hitam keabu-abuan kelam, struktur lapisan berbutir dan bagian bawahnya menggumpal. Derajat keasaman (pH) tanah standar sekitar 5—7.

Ada banyak kunci keberhasilan yang dapat memengaruhi pertumbuhan tabulampot durian, salah satunya adalah bibit yang digunakan. Anda bisa mendapatkan bibit di penangkaran bibit atau di toko pertanian tepercaya yang menyediakan beragam jenis bibit buah berkualitas. Pemilihan bibit tidak boleh asal-asalan karena bisa jadi bibit tersebut akan menghasilkan tanaman yang tidak berbuah.

Baca Juga:  Balitbangtan Rilis Smart Soil Sensing Kit, Teknologi 4.0 untuk Deteksi Unsur Hara

Persiapkan juga media tanam dan pot sebagai wadah pohon untuk tumbuh. Pastikan wadah yang digunakan sesuai dengan ukuran tanaman agar seimbang dan tidak mudah roboh.

Kunci keberhasilan selanjutnya adalah proses penanaman dan pemeliharaan. Anda harus melakukan proses tersebut dengan benar agar dapat menumbuhkan tanaman durian yang bagus. Adapun proses penanaman tabulampot durian sama seperti tabulampot pada umumnya.

Untuk bertanam durian D24 di rumah, Anda bisa mendapatkan bibit dan perlengkapannya di Toko Trubus. Bibit durian D24 berkualitas tersedia di Toko Trubus lengkap dengan peralatan yang diperlukan serta perawatannya. Selama Januari 2021 ini, ada promo menarik untuk bibit durian D24 di Toko Trubus. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus untuk informasi lebih lanjut.


loading...