Tabulampot Mangga, Tabulampot yang Paling Sering Dicari

Pertanianku — Tabulampot atau tanaman buah di dalam pot yang paling dicari oleh masyarakat adalah tabulampot mangga. Hal ini dikarenakan harga mangga yang relatif murah, tetapi rasa buahnya sangat lezat. Pohon yang belum menghasilkan buah biasanya jauh lebih murah dibanding pohon yang sudah berbuah.

tabulampot mangga
foto: unsplash

Tanaman mangga juga terbilang rajin berbuah meskipun ditanam di dalam pot. Bahkan, jika dirawat dengan benar, tanaman juga bisa berbuah di luar musim. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memelihara tabulampot mangga di pekarangan.

Tabulampot bisa membuat pekarangan menjadi lebih asri dan adem. Pohonnya yang tidak terlalu tinggi akan memudahkan proses perawatan serta panen. Selain itu, pohon mangga yang tidak besar tetapi tetap berbuah akan menjadi daya tarik yang dapat menimbulkan sensasi tersendiri ketika memandanginya.

Mangga bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Meskipun begitu, buah ini sangat populer, bahkan sangat mudah dijumpai ketika musimnya tiba.

Di lahan, pohon mangga bisa tumbuh hingga setinggi 30 m dan umurnya bisa mencapai lebih dari 100 tahun.

Selain rajin berbuah, pohon mangga bsia ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun, umumnya pohon mangga bisa tumbuh subur di ketinggian kurang dari 600 mdpl.

Buah yang sudah masak terasa manis, segar, dan dagingnya bertekstur lembut. Buah mangga bisa dikonsumsi langsung sebagai buah hidangan di meja makan atau bisa juga diolah menjadi beragam jenis olahan. Selain buah yang sudah matang, buah yang masih muda juga bisa dikonsumsi untuk menu-menu tertentu, salah satunya rujak buah. Meskipun terasa sangat masam, rasanya tetap segar. Jadi, selain bagus sebagai pohon hias, buah mangganya sangat berguna untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Bantul, Sentra Penghasil Benih Bawang Merah

Pohon yang berasal dari bibit generatif melalui biji membutuhkan waktu lebih lama untuk mengalami pembuahan. Pohon baru bisa berbuah setelah berumur 6—7 tahun. Sementara itu, pohon yang berasal dari bibit vegetatif seperti okulasi atau cangkok bisa mengalami pembuahan yang jauh lebih cepat. Oleh karena itu, bibit yang dijual di pasaran lebih sering bibit hasil okulasi. Pohon yang berasal dari bibit okulasi sudah bisa berbuah setelah berumur tiga tahun.

 

 

 

 


loading...