Tahap Penanaman Melon Dalam Pot

Pertanianku – Tanaman melon merupakan tanaman yang pertumbuhannya merambat. Untuk itu, sebelum bibit melon dipindahkan ke dalam pot, diperlukan pengajiran yang bertujuan agar pertumbuhan tanamannya tidak merambat di tanah, yang mengakibatkan tanaman mudah terserang hama dan penyakit serta kualitas buahnya rendah. Ajir yang digunakan untuk tabulampot melon dapat menggunakan bilah bambu ataupun tali dari benang kasur.

Tahap Penanaman Melon

Untuk para hobiis yang ingin menanam tabulampot melon, akan lebih praktis jika menggunakan rak rangka besi. Karena selain bisa menyangga tabulampot juga berfungsi sebagai ajir tempat merambatnya tajuk tanaman melon.

Loading...

Di sisi yang tidak terdapat besi vertikal dapat diikatkan tali benang kasur sebagai ajir. Bibit yang akan ditanam sebaiknya telah memiliki dua sampai tiga pasang daun, penampilannya hijau segar dan sehat. Setelah dipilih, bibit dikelompokkan berdasarkan ukuran besar dan kecilnya. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman dan ukuran buahnya seragam. Sehari sebelum dilakukan penanaman, media tanam disiram terlebih dahulu agar kondisinya lembap sehingga mengurangi kematian bibit melon yang baru dipindahkan ke dalam pot. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari sesudah pukul 16.00 untuk mengurangi kematian tanaman akibat cuaca panas dan tersengat matahari.

 

Sumber Buku: Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

 

Baca Juga:  Durian Kromo Asal Banyumas Akan Dibudidayakan di Kalimantan Tengah
Loading...
Loading...