Tahap Replanting Sayuran, Memindahkan Bibit ke Pot atau Polibag

Pertanianku — Setiap jenis tanaman memiliki waktu yang berbeda-beda untuk siap dipindahkan ke pot tunggal. Namun, umumnya, tanaman sudah siap dipindah ke pot setelah berumur 10—20 hari setelah semai. Pemindahan bibit dari media semai ke pot atau polibag disebut replanting. Pemindahan sudah bisa dilakukan pada saat daun pada tanaman sayuran sudah muncul.

replanting
foto: pertanianku

Replanting dilakukan dengan memindahkan bibit ke dalam pot atau polibag yang lebih besar. Wadah tersebut sudah harus berisi media tanam yang sesuai dengan jenis pohon. Media tanam tersebut akan menunjang kehidupan tanaman di dalam pot. Biasanya media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang.

Keputusan penggunaan pot atau polibag bisa ditentukan berdasarkan kondisi akar dan ukuran pohon ketika sudah besar. Pohon yang akan tumbuh besar sudah tentu membutuhkan pot yang berukuran besar. Jika akar tanaman tunggang, gunakan pot yang cukup tinggi atau dalam, seperti wortel dan lobak. Kedua tanaman tersebut membutuhkan pot sedalam 20 cm.

Loading...

Sementara, tanaman yang berakar serabut seperti cabai hanya memerlukan pot dengan diameter besar lebih dari 15 cm.

Bibit yang di-replanting sebaiknya memiliki pertumbuhan yang bagus, subur, batangnya kuat, daunnya berwarna hijau, sehat, serta terhindar dari hama dan penyakit. Jika terdapat bibit yang rusak, bibit tersebut sebaiknya digunakan sebagai kompos saja.

Proses replanting harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran tanaman. Tanah yang tertaut di sekitaran akar sebaiknya ikut dibawa saat proses pemindahan. Hal tersebut bertujuan mengurangi tanaman stres karena perpindahan dan perubahan media tanam.

Berikut ini tahap-tahap replanting yang bisa Anda coba.

  1. Masukkan pecahan genting atau bata merah ke pot, lalu masukkan media tanam.
  2. Buat lubang tanam di tengah media tanam dengan tangan atau menggunakan bambu kecil.
  3. Cabut bibit dari tray secara hati-hati agar akar tanaman tidak rusak. Saat mencabut, bagian bawah tray ditekan agar media tanam mudah diangkat bersama dengan akarnya.
  4. Tanam bibit tepat di lubang yang sudah dibuat.
  5. Padatkan media tanam yang berada di sekililing bibit menggunakan jari.
  6. Lakukan penyiraman secara rutin agar kelembapan media tanam tetap terjaga.
  7. Tempatkan pot di bawah naungan untuk menghindari terpaan sinar matahari secara langsung.
Baca Juga:  Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menggunakan Kompos
Loading...
Loading...