Tahap-tahap Pengolahan Lada Putih


Pertanianku – Tahap-tahap pengolahan hasil lada putih meliputi perendaman, pembersihan atau pencucian, pengeringan, pembersihan dan sortasi, serta pengemasan dan penyimpanan. Bagan alir pengolahan lada putih dapat dilihat pada Gambar 3. Tahap pertama dalam pengolahan lada putih asalan secara tradisional adalah perendaman. Buah lada masak yang baru dipetik dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam selama delapan hari di dalam kolam atau sungai yang mengalir sehingga kulitnya lunak dan mudah mengelupas dari biji. Air perendaman harus bersih dan mengalir agar dihasilkan lada yang baik (putih bersih). Penggunaan air kotor dan tidak mengalir pada perendaman akan menghasilkan lada yang kurang baik (kotor, warna abu-abu kecokelatan).

Tahap-tahap Pengolahan Lada Putih

Tahap kedua adalah pencucian/pembersihan. Lada hasil rendaman dikeluarkan dari karung dan dimasukkan dalam tampah atau ember, lalu kulitnya dipisahkan dari biji dengan menggunakan tangan atau diinjakinjak dengan kaki sampai seluruh kulitnya terkelupas dari biji. Setelah itu, biji lada ditiriskan sampai airnya tidak menetes. Buah lada yang telah bersih kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 3—7 hari sampai cukup kering. Pengeringan buah lada dilakukan dengan mempergunakan tikar atau tampah/plastik. Selain itu, dapat pula menggunakan lantai penjemuran yang dibuat lebih tinggi agar lebih efektif. Pada waktu proses pengeringan, tumpukan lada dibolak-balik atau ditipiskan dengan mempergunakan garuk dari kayu agar pengeringan lebih cepat dan merata. Lada dianggap kering bila telah memberikan suara menggeretak dan pecah ketika dipijit.

Setelah lada cukup kering, lada ditampi dengan tampah untuk membuang bahan-bahan yang ringan serta benda asing lainnya seperti tanah, pasir, daun kering, gagang, serat-serat dan juga sebagian lada enteng. Selanjutnya, lada yang telah kering dan bersih ini dimasukkan dalam karung atau wadah penyimpanan lain yang kuat dan bersih.

Baca Juga:  Rahasia di Balik Manfaat Seledri yang perlu Anda Ketahui

Hasil kemasan kemudian disimpan di ruangan simpan yang kering dan tidak lembap (Rh ± 70%), dengan diberi alas dari bambu atau kayu setinggi ±15 cm dari permukaan lantai sehingga bagian bawah karung tidak berhubungan langsung dengan lantai. Pada pengolahan hasil lada putih, biasanya dari 100 kg lada basah yang masih bergagang diperoleh rata-rata 25—40 kg lada putih.

 

Sumber : Buku Lada

loading...
loading...