Tahapan Budi Daya Sapi

PertaniankuBudi daya sapi potong bisa menjadi bisnis menjanjikan bagi semua orang saat ini. Jika Anda juga berniat untuk menjalankan usaha budi daya sapi potong, tentu Anda perlu mengetahui hal-hal terkait budi daya sapi potong. Ada berbagai hal mengenai budi daya sapi potong mulai dari pemilihan bibit, pemberian pakan, serta pemberian vitamin dan hal lainnya. Dalam pembudidayaan sapi potong, penting juga melakukan upaya penggemukan sapi. Semakin gemuk seekor sapi potong, semakin besar juga kemungkinan sapi tersebut diminati oleh banyak orang. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam budi daya sapi potong.

Tahapan Budi Daya Sapi

  • Memilih bibit unggul

Ketika hendak menjalankan usaha budi daya sapi potong, hal pertama yang harus Anda lakukan, yaitu memilih bibit sapi yang unggul. Bibit unggul yang bisa Anda pilih untuk diternak, yaitu sapi yang sehat. Selain sehat, sapi tersebut juga tidak boleh cacat. Sapi bibit unggul juga haruslah sapi yang tidak kurus dan proporsi tubuhnya serasi, seperti sapi-sapi sehat pada umumnya. Di samping itu, sapi yang hendak Anda budidayakan juga harus mempunyai dada cukup lebar karena itu menandakan bahwa sapi tersebut berkualitas.

Loading...
  • Menentukan lokasi kandang dan membangun kandang

Selain memilih bibit unggul, langkah lain yang wajib Anda lakukan, yaitu memilih lokasi kandang yang tepat serta membuat konstruksi kandang yang baik. Lokasi kandang yang tepat adalah lokasi yang berdekatan dengan perkebunan supaya suplai tanaman yang akan digunakan untuk pakan sapi bisa mudah disediakan. Sementara itu, untuk konstruksi kandang, Anda bisa memilih untuk membuat kandang tunggal (kandang untuk satu ekor sapi) atau kandang koloni (kandang untuk banyak sapi). Anda bisa membuat kandang tunggal dengan ukuran 2,25×1 m. Jika Anda ingin membangun kandang koloni, ukuran yang ideal, yaitu 7×9 m.

  • Pemberian pakan yang tepat
Baca Juga:  Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Setelah membuat kandang, memberikan pakan yang tepat juga merupakan faktor penting dalam budi daya sapi. Pakan yang tepat dapat Anda berikan meliputi rumput-rumputan seperti rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria, serta rumput raja, turi, dan sebagainya. Selain rumput, pakan lain yang bisa Anda gunakan dalam memelihara sapi adalah limbah pertanian, seperti jerami kacang kedelai, jagung, kacang panjang, dan padi. Tentu saja, teknik beternak yang tepat juga meliputi pemberian konsentrat pada sapi.

  • Perawatan serta pembibitan sapi

Selain memberikan pakan yang tepat pada sapi, perawatan kesehatan juga menjadi faktor penting budi daya sapi potong. Anda bisa mencoba memberikan vitamin pada sapi untuk menjaganya tetap sehat. Ada banyak macam vitamin sapi dan vitamin organik merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda berikan untuk sapi.

Selain pemberian vitamin sapi, beberapa tindakan pembesaran atau penggemukan juga penting Anda lakukan. Hal ini karena mengingat sapi yang Anda pelihara merupakan sapi potong. Namun, akan lebih bagus jika Anda membuatnya gemuk dengan cara alami.

Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam berternak sapi potong, yaitu pembibitan atau perkembangbiakan yang bisa Anda lakukan ketika sapi berusia 8—12 bulan. Pada usia tersebut, sapi potong sudah memiliki oestrus dan siap berkembang biak. Anda bisa mengembangbiakkan sapi Anda dengan cara mengawinkan sapi betina yang sedang bronst dengan sapi jantan. Meski terkadang, sapi pun akan kawin dengan sendirinya jika tinggal dalam satu kandang yang sama.

Loading...
Loading...