Tahapan Budidaya Ikan Dewa: Pembesaran

Pertanianku Budidaya ikan dewa mengalami tahapan yang sama seperti budidaya ikan kebanyakan. Setelah pemijahan, pembenihan, dan pendederan, ikan dewa akan mengalami tahapan pembesaran.

Budidaya ikan dewa
Foto: instagram galerymasheer

Ikan dewa mulai bisa dipindahkan dari pendederan menuju pembesaran setelah berukuran 12—15 cm. Sebelum dipindahkan, ikan dipuasakan terlebih dahulu. Ikan pada tahap pendederan biasa diberi pakan tepung pabrikan sebanyak 3 kali sehari, kini harus dihentikan sebelum dipindahkan.

Cara pemindahannya pun harus diperhatikan. Anda harus mematikan keran dan menyerok ikan dewa secara perlahan-lahan. Sebenarnya, dalam tahap ini pun Anda sudah bisa menjual ikan dewa.

Loading...

Sebelum melakukan pembesaran, Anda harus menyiapkan kolam pembesaran ikan dewa. Kolam ini merupakan kolam tanah dan berbeda dengan kolam pendederan yang merupakan kolam terpal. Kolam tanah ini bisa juga diganti dengan kolam air deras atau kolam semi deras. Ukuran kolam pembesaran ini bisa menyesuaikan lahan yang Anda miliki.

Masukkan benih hasil pendederan berukuran 15—17 cm. Tebarkan ikan dewa tersebut hingga kolam mencapai kepadatan 7 ekor per meter persegi. Jika Anda menggunakan kolam air deras, Anda bisa memadatkan ikan hingga 50 ekor per meter persegi.

Ikan dewa dalam tahapan ini sebaiknya diberi pakan pabrikan. Kandungan protein yang terdapat pada pakan tersebut sebaiknya sebanyak 26—28 persen dan jumlah biomassa sebanyak 2—3 persen.

Pembesaran ikan dewa biasanya dilakukan hingga 12 bulan. Tujuannya, agar ikan dewa mencapai bobot sekitar 200 gram per ekornya. Ikan dewa dengan bobot tersebut sudah siap dipindahkan ke kolam pembesaran berikutnya.

Pembesaran pada tahap yang kedua ini dilakukan di kolam tanah ataupun kolam air deras. Untuk kolam tanah, pilih dengan aliran kolam sedang. Tebarkan ikan dengan bobot 200 gram sebanyak 3 ekor untuk tiap meter persegi. Jika Anda menggunakan kolam air deras, Anda bisa menebar 20 ikan berbobot 200 gram untuk 1 meter persegi secara langsung.

Baca Juga:  Manfaatkan Sisa Kulit dan Kepala Udang Jadi Kaldu Udang

Dalam tahapan pembesaran yang kedua ini, gunakanlah pakan ikan berprotein minimal 28 persen sebanyak 2—3 persen dari total biomassa. Diperkirakan dalam jangka waktu 12 bulan, ikan dewa sudah akan berbobot 1 kilogram per ekornya. Ikan dengan bobot tersebut sudah siap dijual ke pasaran.

Loading...
Loading...