Tahapan Membuat Setek Daun Begonia

Pertanianku — Begonia merupakan tanaman hias yang berasal dari kawasan tropis. Tanaman ini banyak dipelihara karena memiliki sosok bunga dan daun yang menawan. Begonia yang berbunga indah banyak dibudidayakan di Amerika. Sementara itu, di Indonesia lebih banyak membudidayakan begonia dengan daun. Perbanyakan tanaman begonia bisa dilakukan dengan setek daun begonia.

setek daun begonia
foto: pixabay

Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk setek daun begonia, yaitu setek tangkai, setek pembulu, dan setek irisan. Perbanyakan ini bisa dilakukan untuk Anda yang ingin menambah jumlah tanaman di pekarangan atau dijadikan peluang usaha karena begonia memiliki daya tarik yang cukup bagus.

Daun begonia yang disetek harus dalam keadaan sehat, segar, dan tebal. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan media tanam berupa campuran tanah subur, pupuk kandang atau kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Sementara itu, untuk mendukung pertumbuhan akar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan ZPT.

Loading...

Setek daun memang merupakan perbanyakan tanaman yang sering dilakukan untuk tanaman hias seperti sukulen, tanaman berdaun tebal dan berdaging, serta tanaman yang mengandung air cukup tinggi. Selain dalam keadaan sehat, daun yang akan disetek juga harus dalam kondisi umur yang tepat agar kandungan karbohidratnya tinggi.

Jangan gunakan daun yang sudah berwarna kuning karena daun tersebut sudah layu atau kekurangan nitrogen. Daun yang berwarna kuning biasanya akan sulit membentuk akar.

Salah satu cara untuk setek daun begonia adalah setek irisan daun begonia. Setelah mendapati daun yang bisa digunakan untuk disetek, ambil daun tersebut dan potong dengan menggunakan pisau.

Selanjutnya, potong daun berbentuk segitiga, setiap potongan daun harus diikutsertakan dengan urat daunnya agar proses setek daun dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Sayuran Buah yang Mudah Ditanam

Semaikan potongan daun yang sudah ada dengan bagian yang runcing menancap ke dalam media tanam. Letakkan media semai di tempat yang teduh dan jaga tingkat kelembapan media tanam.

Cara setek lainnya yang bisa dilakukan adalah setek tangkai daun. Setelah Anda mendapatkan daun yang bisa disetek, potong tangkai daun sepanjang 5 cm dengan pisau tajam.

Selanjutnya, tanam tangkai tersebut ke dalam media semai dan semprot dengan air hingga basah. Sungkupkan media semai dengan plastik dan ikat agar tingkat kelembapan media terjaga. Anda bisa memberikan pengganjal kayu agar posisi sungkup plastik tetap terjaga.

 

Loading...
Loading...