Pertanianku – Kegiatan bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan terutama bagi ibu rumah tangga, bahkan jika seorang ibu rumah tangga hobi berkebun, kegiatan ini akan tertular pada anggota kelurga lainnya salah satunya anak Anda sendiri. Terlebih saat ini bercocok tanam sangat mudah dilakukan. jika Anda memutuskan untuk menanam tanaman sayur di pekarangan rumah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menanam selada.

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup mudah dibudidayakan. Sayuran ini biasanya digunakan untuk lalapan, ataupun sebagai campuran salad. Saat ini banyak masyarakat mulai menanam selada sendiri di rumah menggunakan pot. Menanam selada menggunakan pot dirasa lebih mudah, serta tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya.

Untuk memulainya terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk menyemai benih selada.

  1. Siapkan pot, Anda bisa menggunakan pot kecil yang berukuran 25—30 cm, atau ukuran pot dapat Anda sesuaikan sesuai selera.
  2. Siapkan media tanam untuk menanam.
  3. Menyiapkan dan menyeleksi bibit selada yang berkualitas untuk ditanam. Bibit selada bisa Anda dapatkan di toko-toko bibit yang saat ini mudah ditemukan. Pastikan toko bibit yang Anda beli terpercaya. Pasalnya jika Anda membeli bibit sembarangan, hasil tanaman yang Anda tanam, pertumbuhannya tidak akan maksimal.
  4. Setelah bibit didapatkan, tahap selanjutnya masukkan media tanam ke dalam pot. Pastikan pot terisi ¾ penuh oleh media tanam. Kemudian ratakan dengan jari tangan.
  5. Setelah rata, buatlah lubang tanam menggunakan jari tangan atau kayu kecil sedalam 1—1,5 cm.
  6. Masukkan benih selada satu per satu ke dalam lubang tanam. Lakukan kegiatan ii secara hati-hati.
  7. Setelah semua benih ditanam, tutup benih dengan media tanam secara merata diatas permukaan pot.
  8. Setelah selesai, siram benih dengan menggunakan spray yang berisi air. Usahakan selalu menjaga kelembapan tanaman dengan cara meletakkannya ditempat yang cukup teduh dan tidak terkena paparan sinar maahari secara langsung.
  9. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari menggunakan spray.
Baca Juga:  Konsumsi Buncis Bantu Memperlambat Proses Penuaan

Bagaimana cukup mudah kan melakukannya?

 

 

loading...
loading...