Tahapan Panen Larva Ikan Nila

Pertanianku – Pemijahan yang berhasil akan terindikasi dari keberadaan telur di dalam mulut induk. Nila termasuk salah satu hewan yang bersifat parental care, yaitu memelihara telur sampai menetas di dalam mulutnya. Jadi, sebaiknya para peternak mengetahui kapan larva harus dikeluarkan dari mulut induk.

Panen Larva Nila

Walaupun induk akan mengeluarkannya secara alami, tetapi perlu diketahui kapan waktu ideal induk mengerami larva. Hal itu berkaitan dengan induk betina yang tidak makan selama mengerami induk sehingga akan merasa lapar. Dikhawatirkan induk akan memakan larvanya sendiri karena lapar. Oleh karena itu, sebaiknya larva dikeluarkan sendiri oleh peternak.

Induk yang baik akan memijah 2—3 hari setelah induk ditebar. Telur yang dihasilkan dari pemijahan biasanya akan menetas dalam waktu 2—3 hari, lalu kuning telurnya akan habis dalam waktu 2—3 hari pula. Jadi, sebaiknya larva dikeluarkan dari mulut induk setelah telur menetas, yaitu 4—6 hari. Dengan demikian, tidak ada larva yang hilang karena termakan oleh induk. Untuk amannya, panen larva mulai dilakukan pada hari ke- 7—8 pascapenebaran induk.

Baca Juga:  Ciri-ciri Induk Gurami yang Sudah Matang Gonad

loading...