Tahapan Pembibitan Pohon Damar

Pertanianku — Pohon damar lebih sering dimanfaatkan bagian getahnya untuk industri cat, plastik, tekstil, dan beberapa industri lainnya. Pembibitan damar dapat dilakukan dari buah yang selalu diproduksi sepanjang tahun. Berikut ini tahapan pembibitan pohon damar yang benar untuk mendapatkan getah yang berkualitas tinggi.

pembibitan pohon damar
foto: pertanianku

Musim berbuahnya damar bergantung pada lingkungan. Namun, umumnya pohon ini akan berbuah pada Februari—April dan Agustus—Oktober, pada bulan-bulan tersebut pohon biasanya akan berbuah cukup banyak. Tegakan yang sudah berumur 20 tahun bisa menghasilkan benih dalam jumlah banyak. Benih tersebut berasal dari buah yang masak.

Buah damar yang masak ditandai dengan warna kulit kerucut hijau tua dan kecokelatan. Pada bagian ujung kerucut berwarna kecokelatan dan terdapat sisik kulit yang melebar. Buah berbentuk hampir bulat dan berisi 9—96 benih.

Loading...

Benih yang sudah dikumpulkan harus segera dibawa ke tempat persemaian untuk diekstrasi. Ekstrasi benih dilakukan dengan memasukkan kerucut yang masak ke kantung plastik dan dibiarkan selama 1—2 hari hingga kerucut itu pecah sendiri. Setelah itu, lakukan pemisahan benih dari kotoran lain dengan cara ditampi atau dengan bantuan tumbler yang memiliki saringan berukuran sama dengan besar benih.

Benih yang akan ditebar harus diseleksi terlebih dahulu, lalu direndam dalam air selama beberapa saat. Media yang digunakan untuk menumbuhkan perkecambahan benih adalah campuran tanah dan pasir dengan perbandingan 1:2. Campuran yang akan digunakan harus disaring terlebih dahulu, lalu disterilkan agar media terbebas dari penyakit. Bedengan tempat tabur benih harus diberi naungan.

Biji ditanam dengan posisi berdiri, yaitu 2/3 ditanam ke dalam media. Selama masa itu, benih harus disiram dengan cara percikan halus. Benih akan berkecambah setelah 7—8 hari sesudah penanaman. Namun, benih baru bisa berkecambah setelah 12 hari. Kecambah yang sudah berumur 2—4 minggu bisa langsung disapih ke polibag.

Media yang digunakan berupa campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:2:1 dan diberi tambahan TSP 0,25 gram/batang. Saat melakukan pencabutan tanaman, harus dilakukan secara hati-hati agar akar tanaman tidak rusak. Penyemaian sebaiknya dilakukan pada pagi hari antara pukul 06.00—09.00. Bibit baru akan siap ditanam setelah berumur satu tahun.

Pembibitan pohon damar yang dilakukan dengan cara mengambil anakan dari alam dilakukan dengan mengambil anakan yang sudah memiliki dua atau empat helai daun dan langsung ditanam dalam polibag hingga anakan terlihat segar kembali dan disimpan di bawah sungkup plastik di bawah naungan. Setelah segar, benih bisa dikeluarkan dari naungan.

Loading...
Loading...