Taiwan Kembangkan Rumah Pot, Seperti Apa Ya?


Pertanianku – Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Rumah sendiri berfungsi sebagai tempat berlindung, berinteraksi, beraktivitas, dan juga sebagai representasi dari sang pemilik rumah tersebut.

Oleh karena itu, jangan heran jika kita banyak menjumpai rumah dengan desain unik yang bahkan tidak terpikirkan sebelumnya.

Salah satu desain rumah unik dan menarik bisa dijumpai di Kota Ho Chi Minh di Vietnam. Rumah satu ini terlihat unik karena atap rumahnya ditumbuhi pepohonan serta dihiasi rerumputan hijau yang sepintas menyerupai sebuah taman kecil di dalam pot-pot raksasa.

Rumah tersebut dibangun sebagai respons atas cepatnya perpindahan penduduk yang terjadi di Vietnam. Rumah pohon ini dibangun di Ho Chi Minh City, ibukota Vietnam yang daerahnya hanya ditutupi 0,25 persen tanaman hijau.

Hunian ini berusaha semaksimal mungkin menyambung kembali hubungan manusia dengan alam. Rumah pohon ini juga bisa berfungsi sebagai kolam, penahan air, serta mampu mengurangi risiko banjir. Rumah tersebut berlokasi di saah satu kawasan padat penduduk di Vietnam yang hanya dapat diakses dengan berjalan kaki.

Rumah ini dirancang dengan bahan-bahan lokal dan alami. Dinding luarnya terbuat dari beton dan ketika membangun banyak menggunakan material bambu. Sementara, untuk penyelesaian akhir digunakan batu bata lokal. Pembangunan rumah pohon tersebut diperkirakan menghabiskan dana sebesar 156.000 dolar AS atau setara dengan Rp1,8 miliar.

Seperti dilansir dari dezeen, rumah unik ini dirancang oleh arsitek Vietnam, Vo Trong Nghia Architects.

Disebut dengan ‘House for Tress’ karena di atas atap rumah tertanam pepohonan rindang dan rerumputan hijau. Bentuk rumah terdiri atas kotak-kotak beton yang mirip pot raksasa.

Desain rumah unik dengan pepohonan rindang nan hijau ini tentu bukan tanpa alasan. Sengaja didesain seperti itu yang bertujuan menghadirkan suasana hijau di tengah kota.

Baca Juga:  Canggih, Deteksi Hama Kini Bisa Lewat Smartphone!

Bangunan rumah terdiri atas 5 kotak beton yang menyerupai pot raksasa. Tiap kotak beton masing-masing memiliki ruangan dua lantai. Kotak-kotak beton itu posisinya terkumpul membentuk sebuah ruangan terbuka atau semacam halaman di tengah.

Pohon yang menghiasi atap tanaman juga bukan sembarang pohon, yakni pohon beringin. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, pohon beringin memiliki akar di atas tanah dan akar bawah tanahnya lebih sedikit.

Bagaimana, tertarik membangun rumah pot seperti di Vietnam?

loading...
loading...