Tak Disangka, Ternyata Ini Manfaat Kubis Ungu


Pertanianku — Tahukah Anda? Kubis ungu memiliki banyak manfaat kesehatan terhadap tubuh yang melebihi sayur lainnya.

kubis ungu
Pixabay

Hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan bergizi masih menjadi pilihan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, kita seringkali kesulitan untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dari apa yang kita makan sehari-hari.

Maka dari itu, kubis ungu bisa menjadi solusinya karena sayuran yang satu ini memiliki nutrisi yang berlimpah. Apa saja nutrisi yang terkandung pada kubis ungu? Simak ulasan berikut.

  1. Serat

Satu cangkir kubis ungu cincang dapat memenuhi 2 gram serat dalam tumbuh. Ini sama dengan 8 persen dari nilai harian 25 gram serat yang harus dibutuhkan manusia dalam sehari seperti direkomendasikan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Pasalnya, serat makanan akan mencegah kelebihan kolestrol memasuki aliran darah Anda lewat dinding usus kecil. Selanjutnya, serat akan menyerap kolestrol yang ada, kemudian mengeluarkannya lewat ampas makanan di anus.

  1. Kalium

Sebanyak 216 miligram kandungan kalium dalam satu cangkir kubis ungu cincang. Kalium akan menjaga tingkat cairan tubuh agar tidak berfluktuasi. Insitute of Medicine merekomendasikan kita untuk mengonsumsi 4.700 miligram kalium per hari.

Itu berguna untuk mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium juga mencegah tekanan otot jantung dengan mendukung kontraksi yang memicu detak jantung Anda.

  1. Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam kubis ungu sekitar 20 persen dari 5.000 IU yang dibutuhkan tiap hari (993 IU). Vitamin A berfungsi mempertahankan kesehatan penglihatan dan memperbaiki penglihatan di malam hari. Ini juga mendukung respons kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi mikroba.

  1. Vitamin C

Kkubis ungu mentah mengandung vitamin C lebih tinggi ketimbang yang sudah dimasak. Satu gelas kubis ungu mentah menyediakan 51 miligram vitamin C atau 85 persen kebutuhan sehari-hari sekitar 60 miligram.

Baca Juga:  Inilah Khasiat Tak terduga dari Jus Bayam

Vitamin C merupakan anti-oksidan yang efektif karena melindungi sel dari penghancuran komposisi yang sering menyebabkan racun metabolik.

loading...
loading...