Tak Hanya Bandung, Madiun Memiliki Taman Tematik

    Pertanianku – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, memiliki taman tematik. Hal ini terinspirasi dari konsep taman tematik yang banyak terdapat di Bandung, Jawa Barat, dengan melakukan studi banding guna mewujudkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) serupa di daerah setempat.

    Tak Hanya Bandung, Madiun Memiliki Taman Tematik

    Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun, Misdi, mengatakan selama ini RTH di Kota Madiun diwujudkan melalui hutan kota dan taman-taman kecil di sejumlah lokasi kota. “Konsep taman tematik sangat bangus. Namun, untuk mewujudkannya, hasil studi banding Bagian Humas ke Bandung beberapa waktu lalu harus dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pak Wali Kota,” ujar Misdi sebagaimana dikutip Okezone (29/4).

    Loading...

    Menurut Misdi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika Madiun benar-benar ingin mewujudan taman tematik. Karena kondisi Madiun tidak memiliki lahan yang luas. Karena itulah, hutan kota dan taman yang ada di Madiun dibuat berukuran kecil.

    Namun, jika benar-benar ingin mewujudkannya, tidak menutup kemungkinan, pemkot akan mengorbankan sejumlah asetnya yang saat ini menjadi lahan pertanian. Hal itu guna memenuhi luasan RTH di suatu daerah yang sesuai aturan minimal harus 30 persen dari luas wilayah, yakni 20 persen RTH umum dan 10 persen RTH probadi.

    Sementara itu, data dari Pemkot Bandung menyebutkan, terdapat banyak taman tematik di kota yang berjulukan sebagai Kota Kembang tersebut. Di antaranya, taman balai kota, taman cinta, taman lansia, taman fotografi, taman super hero, taman jomblo, dan masih banyak lagi.

    Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Kota Bandung, Dadang, saat menerima kunjunagn studi banding Pemkot Madiun beberapa waktu lalu mengatakan taman tematik dan taman lainnya di Kota Bandung merupakan bentuk pelayanan masyarakat yang bermanfaat bagi warga, udara, dan lingkungan kota setempat.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    “Dengan berada di taman, warga Kota Bandung bisa lebih berinteraksi, berkumpul, dan bersosialisasi. Selain berdampak positif bagi lingkungan, taman tersebut juga meningkatkan indeks kebahagiaan bagi warganya,” jelas Dadang.

    Pihaknya menyambut baik kunjungan yang dilakukan Pemkot Madiun untuk mengunduh hal-hal positif di Kota Bandung agar dapat dikembangkan di daerah setempat. Madiun diharapkan dapat memaksimalkan potensinya untuk dikembangkan dan dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat.

    Loading...
    Loading...