Tak Hanya Buahnya, Tanaman Sawo Juga Bisa Dikonsumsi sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Sawo (Manilkara zapota) termasuk buah yang terkenal di Indonesia. Buah ini berasa manis sehingga disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Ketika digigit, buah ini terasa mengandung banyak air. Buah sawo tak hanya lezat, tetapi juga kaya nutrisi. Tanaman sawo sendiri terbilang cantik menjadi tanaman penghias pekarangan.

tanaman sawo
foto: Pixabay

Tahukah Anda, bukan hanya buah sawo yang dapat dikonsumsi, melainkan beberapa bagian tanaman sawo lainnya juga bisa dikonsumsi menjadi obat herbal. Bagian tersebut adalah daun, biji buah, dan getah tanaman yang masih muda. Penyakit yang bisa diobati adalah diare, disentri, dan radang mulut. Berikut ini beberapa ramuan herbal dari tanaman sawo yang dapat Anda buat.

  • Seduh getah yang masih muda sebanyak 5 tetes dengan setengah gelas air panas. Ramuan diminum sekaligus setelah dingin atau hangat.
  • Cuci hingga bersih buah sawo muda, kemudian parut. Peras hasil parutan dan saring. Anda bisa menambahkan sedikit air matang. Ramuan ini bisa diminum dua kali sehari.
  • Kunyah halus sawo muda dengan sedikit garam. Telan sedikit demi sedikit, kemudian minum air hangat. Ramuan ini bisa diminum dua kali sehari untuk mengatasi disentri.
  • Cincang satu mangkok daun sawo, lalu rebus dengan dua gelas air bersih selama 10 menit. Air hasil rebusan dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi radang mulut.
  • Lumat dan oleskan biji tanaman untuk mengatasi gigitan atau sengatan binatang berbisa.

Buah sawo mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare. Kandungan gula alami di dalam sawo berfungsi memulihkan energi secara cepat.

Buah berkulit cokelat ini mampu memperkecil risiko kanker gastrointestinal karena memiliki kekuatan untuk mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Selain sumber vitamin, mineral, dan antioksidan, buah ini juga mengandung biokimia yang bersifat antimikroba.

Baca Juga:  Teknologi BPRL Sukses Tingkatkan Hasil Petani di Cirebon

Untuk Anda yang menderita asam urat dan diabetes tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sawo karena mengandung glukosa yang tinggi. Begitupun dengan obat herbal yang mengandung buah sawo.