Tak Hanya Lezat Ditumis, Tanaman Genjer Juga Bisa Menjadi Obat Herbal

Pertanianku — Anda pasti pernah mendengar menu tumis genjer, menu masakan andalan yang bisa membangkitkan nafsu makan. Bagian tanaman yang biasa diolah menjadi masakan ialah daun genjer. Ternyata, tanaman genjer juga bermanfaat sebagai obat herbal. Tanaman ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti keracunan jengkol, menurunkan risiko jantung dan kanker, serta sebagai antibiotik.

tanaman genjer
foto: Pertanianku

Di dalam daun genjer mengandung protein, kalsium, zat besi, fosfor, flavonoid, dan polifenol. Pemanfaatan tanaman genjer sebagai obat herbal terbilang cukup mudah. Anda hanya tinggal mengonsumsinya sebagai sayuran olahan.

Untuk mengatasi keracunan jengkol, Anda tinggal melalap 5—10 lembar daun genjer mentah. Namun, sebenarnya tanaman ini jarang dikonsumsi dalam keadaan mentah. Masyarakat biasanya memanaskan daun di atas api atau dimasak secara singkat. Sementara itu, untuk menambah nafsu makan, Anda bisa mengukus daun genjer segar hingga setengah matang, kemudian konsumsi daun genjer sebagai lalapan.

Tanaman genjer merupakan herba air tahunan yang dapat tumbuh hingga setinggi ½ meter dan memiliki rimpang yang cukup tebal dan tegak. Batang tanaman tegak lurus, berbentuk bundar, tidak berkayu, dan berwarna hijau.

Daun tanaman yang sering dikonsumsi dan menjadi obat herbal ini memiliki bentuk yang cukup bervariasi, di antaranya tumbuh tegak atau miring, bertangkai panjang dan berlubang, serta memiliki susunan tulang daun yang melengkung.

Daun yang sering diolah menjadi sayuran merupakan daun tanaman yang masih muda dengan petiole dan buah yang belum terbuka. Tanaman genjer lebih sering diolah menjadi masakan oleh masyarakat di daerah Jawa Barat. Meski terlihat seperti sayuran hijau umumnya, kandungan nutrisi di dalam tanaman genjer terbilang cukup lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Baca Juga:  Langkah-langkah Pembuatan Kompos dari Tanaman Jagung

Selain daunnya, bagian bunga genjer yang berbentuk menyerupai payung dan tumbuh di ketiak daun juga bisa dikonsumsi.

Jika Anda memang menyukai genjer, pastikan genjer tersebut berasal dari lahan yang bersih dan sehat. Pasalnya, tanaman ini menyerap logam berat, seperti merkuri yang tidak bisa larut apabila masuk ke tubuh.

 


loading...