Tak Hanya untuk Kecantikan Wajah, Ini Manfaat Lain Centella asiatica

Pertanianku — Nama Centella asiatica sudah sangat populer di tengah pegiat kecantikan karena tanaman yang biasa dilalap oleh masyarakat Sunda ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah. Orang Indonesia lebih akrab memanggil tanaman ini dengan nama daun pegagan. Sebetulnya, manfaat Centella asiatica sangat banyak, mulai dari menjadi obat untuk beberapa jenis penyakit hingga mengatasi kehilangan nafsu makan.

manfaat Tak Hanya untuk Kecantikan Wajah, Ini Manfaat Lain Centella asiatica
foto: pixabay

Tanaman Centella asiatica merupakan herba tahunan, tidak berbatang, dan memiliki rimpang yang pendek serta stolon yang menjalar. Daun tunggal tersusun dalam roset yang terdiri atas 2—10 daun, terkadang daun tanaman agak berambut.

Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah seluruh bagian tanaman. Centella asiatica mengandung asam asiatat, asiatikosida, β-karotena, β-karofilena, β-elemena, β-femesena, β-sitosterol, brahminosida, asam brahmanat, iso-tankunisida, asam isoyankunat, tankunisida, mesi-inosito, asam askorbat, niasin, velarine, kalium, natrium, magnesium, dan zat samak.

Khasiat daun pegagan antara lain sebagai peluruh kencing, pembersih darah, mengobati disentri, radang usus, sakit perut, batuk, dan lepra.

Anda bisa mengonsumsi Cantella asiatica sebagai obat herbal dengan tiga cara berikut.

  • Rebus 15—20 pegagan segar, kemudian minum. Atau lumatkan daun, kemudian peras, lalu minum air perasannya.
  • Lumatkan daun pegagan dan tempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Ramuan ini dapat digunakan sebagai obat luar, seperti untuk mengatasi masalah setelah digigit ular, bisul, luka berdarah, dan sakit kulit.
  • Daun pegagan dapat dilalap atau dikeringkan utnuk dibuat menjadi minuman teh yang menyegarkan.

Manfaat lain dari Cantela asiatica berdasarkan hasil uji klinis herbal di India ialah mampu meningkatkan IQ/kemampuan mental dan menanggulangi lemah mental pada anak-anak.

Di Malaysia, selain digunakan sebagai tonik dan minuman segar, daun pegagan juga sering digunakan sebagai bahan infusan untuk mengatasi gangguan liver. Di Eropa, Centella asiatica dijual dalam bentuk salep dan bubuk yang digunakan untuk mengatasi luka borok menahun.

Baca Juga:  Kiat Menanam Terung Secara Organik

Pegagan terasa manis dan dingin. Tanaman ini bisa membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, meluruhkan kencing, menurunkan panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan saraf memori, antibakteri, tonik, antipasma, antialergi, dan stimulan.