Tak Ingin Terkena Kanker Lidah? Begini Cara Mencegahnya


Pertanianku – Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Jenis penyakit kanker sendiri sangat banyak. Untuk itu, manusia disarankan menjalani hidup sehat agar terhindar dari ancaman penyakit kanker yang sangat menakutkan. Salah satu kanker yang juga sangat membahayakan dan mengancam nyawa adalah kanker lidah.

Foto: pexels

Kanker lidah merupakan jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Sama seperti jenis kanker lainnya, pengidap kanker ini juga bisa berujung kematian. Sejumlah kasus yang terjadi di Indonesia, kebanyakan kanker satu ini menyerang pria berusia 50 tahun ke atas. Namun, tak menutup seseorang yang berusia muda juga terserang penyakit ini.

Hingga kini, dunia medis belum mengetahui secara pasti penyebab seseorang terkena kanker lidah. Namun, salah satu faktor yang memicu terkena penyakit ini adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat.

Untuk itu, kita harus mengetahui beberapa risiko yang dapat menyebabkan seseorang terserang kanker lidah.

  • Jenis kelamin laki-laki.
  • Kebersihan mulut dan gigi yang buruk.
  • Umur 40 tahun dan lebih.
  • Iritasi pada membran mukosa mulut yang berulang akibat merokok dan minuman keras.
  • Riwayat sariawan yang sering.
  • Riwayat keluarga ada yang mengalami kanker lidah.
  • Daya tahan tubuh yang lemah seperti pada pasien HIV.

Lalu, bagaimana mencegahnya?

Meskipun belum ada cara yang benar-benar terbukti untuk mencegah kanker lidah, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa hal ini.

Jangan merokok

Selain bisa menyebabkan kanker lidah, racun rokok juga menimbulkan munculnya kanker mulut, kanker paru-paru, kanker kulit, serangan jatung, dan banyak penyakit lainnya. Jadi, jauhilah rokok mulai sekarang.

Hindari minuman beralkohol

Sering mengonsumsi minuman beralkohol bisa mengiritasi sel-sel di dalam mulut dan meningkatkan risiko kanker.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Tersembunyi yang Dimiliki Buah Naga

Cara menghindarinya:

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah banyak mengandung beragam vitamin dan anti-oksidan yang membantu mengurangi risiko kanker mulut termasuk kanker lidah. Dan, mengonsumsi buah dan sayur juga bisa meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Hindari karsinogen

Hindari kontaminasi dengan benda yang mengandung zat karsinogen atau bersifat karsinogenik seperti bahan sintesis, asbes, dan perabot yang mengandung vernis adalah sumber zat karsinogen.

Rutin periksakan diri ke dokter

Untuk memastikan bahwa Anda bersih dari kanker lidah, periksakan diri ke dokter gigi secara rutin bisa membantu untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker di dalam mulut. Minta juga dokter Anda untuk memeriksa seluruh bagian mulut untuk mengantisipasi jika ada area di dalam mulut yang mungkin terkena kanker.

Namun, jika Anda menemukan dan merasakan gejala kanker lidah dalam waktu yang berkepanjangan, segeralah periksakan diri ke dokter untuk ditangani lebih lanjut. Jika penyakit cepat terdeteksi serta melakukan tindakan pengobatan dengan cepat, penyakit ini bisa disembuhkan.

loading...
loading...