Tak Sekadar Indah, Bunga Matahari Punya Banyak Khasiat

Pertanianku— Bunga matahari selalu mampu memesona siapa saja yang melihatnya. Apalagi, saat ini banyak karya seni mulai dari video hingga gambar yang menggunakan bunga matahari. Tak heran, popularitas bunga ini tidak pernah lekang oleh waktu. Namun, tahukah Anda di balik bentuk fisiknya yang indah, bunga matahari memiliki banyak khasiat. Khasiat bunga matahari tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk lingkungan.

khasiat bunga matahari
foto: pixabay

Berikut ini deretan khasiat bunga matahari yang indah dan menawan.

  • Minyak bunga matahari dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara mengoleskannya ke badan dan rambut. Perawatan bunga matahari sudah dilakukan sejak dahulu oleh bangsa Yunani dan Romawi Kuno. Minyak bunga matahari mengandung vitamin dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menghambat radikal bebas yang dapat merusak sel kulit dan mencegah penuaan dini.
  • Bunga matahari bermanfaat bagi pertanian. Petani dapat mengolah daun dan bunga yang sudah mengering sebagai pupuk hijau guna menyuburkan tanaman. Di dalam bunga matahari terdapat kadar kalium yang sangat tinggi dan bisa merangsang pertumbuhan tanaman. Selain itu, bunga matahari juga dapat digunakan sebagai tanaman refugia yang ditanam di pinggiran lahan untuk mencegah serangan hama.
  • Daun dan bunga matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Petani di luar negeri sering menggunakan daun bunga matahari sebagai pakan burung.
  • Bunga matahari dapat bermanfaat kesehatan tubuh sehingga bunga hias ini bisa dikonsu Rebusan bunga matahari dapat mengatasi sakit kepala serta mengurangi keluhan rematik dan keputihan. Cara mengolah bunga matahari sangat mudah. Rebus bunga matahari dan tempelkan bunga di kepala untuk menghilangkan sakit kepala.
  • Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak karena cangkang biji bunga mengandung minyak yang cukup tinggi. Selain itu, biji bunga matahari juga sering diolah menjadi camilan yang sering disebut kuaci.
Baca Juga:  Tanaman Genitri, Tanaman Sakral yang Berkhasiat

Namun, bunga cantik ini juga memiliki sisi negatif yang perlu Anda waspadai. Misalnya, jumlah kalori yang cukup tinggi pada biji bunga matahari. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung cadmium, jumlahnya lebih tinggi dari makanan lain. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan mengonsumsi biji bunga matahari dalam jumlah berlebihan.