Tak Sekadar Manis dan Lezat, Buah Nanas Berkhasiat sebagai Obat Herbal

PertaniankuBuah nanas terkenal dengan rasa manis, asam, dan mengandung banyak air. Buah ini terbilang cukup populer karena banyak orang menyukainya. Semua buah memang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda sebenarnya buah nanas berkhasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi sembelit.

buah nanas
foto: Pertanianku

Bagian yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit adalah buahnya. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda hanya tinggal mengonsumsi buah ketika sembelit. Nanas mengandung banyak serat yang sangat berguna untuk mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Buah nanas mengandung vitamin A dan C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dektrosa, sukrosa, dan enzim bromealin.

Selain sembelit, buah nanas juga berguna untuk melunakkan makanan yang ada di lambung, bekerja sebagai antiradang, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Nanas merupakan antiphlogistic (menurunkan demam dan radang), fibrinolitik (proses penghancuran deposit fibrin oleh sistem fibrinolotik sehingga aliran darah akan terbuka kembali, dan proteolitik (pemecah protein yang diproduksi di dalam sel).

Enzim proteolitik di dalam nanas dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, enzim tersebut juga bisa menghambat agregasi trombosit dan menimbulkan efek antineoplastik, serta meningkatkan tingkat antibiotik serum jika dikonsumsi bersamaan.

Hingga saat ini belum ada literatur yang membahas kontraindikasi penggunaan buah nanas sebagai obat herbal. Namun, ibu hamil dan sedang menyusui sebaiknya menghindari buah nanas. Sementara itu, untuk anak-anak tidak disarankan mengonsumsi nanas dengan dosis yang berlebihan sebelum berkonsultasi dengan herbalis atau dokter. Hal tersebut berguna sebagai bentuk kewaspadaan pada efek samping yang bisa dirasakan.

 

Baca Juga:  Pengembangan Kampung Pisang untuk Meningkatkan Kualitas Pisang Ekspor