Tak Sekadar Obat Herbal, Ini Manfaat Kunyit yang Perlu Diketahui

Pertanianku — Manfaat kunyit sebagai obat herbal sudah dikenal oleh banyak orang, bahkan telah menjadi salah satu komposisi penting dalam ramuan herbal. Selain sebagai obat herbal, kunyit juga sering digunakan sebagai campuran bumbu untuk menambah cita serta aroma pada masakan. Masih ada beberapa manfaat kunyit lainnya yang perlu Anda ketahui, simak ulasan berikut.

manfaat kunyit
foto: Pixabay

Bumbu dan rempah

Anak rimpang kunyit memiliki rasa agak manis dan berbau aroma terasi. Rasa dari aroma tersebut disebabkan oleh kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalam rimpang. Rasa serta aroma yang kuat membuat rimpang ini sering digunakan untuk memasak ikan dan daging karena berfungsi menghilangkan bau anyir.

Di Sumatera Barat, daun kunyit sering digunakan sebagai bahan utama untuk bumbu memasak daging rendang. Di Amerika Serikat dan Inggris, kunyit diolah menjadi serbuk agar mudah digunakan sebagai bumbu masakan. Di India, kunyit sering digunakan untuk berbagai jenis makanan yang disebut dengan curry. Sementara itu, di Maroko, kunyit dimanfaatkan untuk membuat makanan yang disebut harira soup.

Pengawet makanan

Di dalam kunyit mengandung senyawa yang bersifat antibakteri untuk bakteri gram positif ataupun negatif sehingga rimpang kunyit berguna untuk mengawetkan makanan. Oleh karena itu, kunyit yang digunakan sebagai bumbu masakan dapat berfungsi ganda, yakni penambah aroma dan cita rasa, pewarna makanan, serta sebagai pengawet makanan agar makanan tidak mudah busuk akibat mikroba pencemar makanan.

Pewarna alami

Di dalam kunyit terdapat banyak senyawa pigmen yang dapat berfungsi sebagai pewarna alami. Sebelum ditemukan pewarna sintetis, kunyit sering dipakai sebagai pewarna untuk kosmetik, makanan, obat, bahan tekstil, kertas, anyaman tikar, dan bahan kerajinan lainnya.

Baca Juga:  Kiat Sukses Budidaya Melon yang Krispi dan Manis

Bahan kosmetik

Rimpang kunyit dapat bersifat mendinginkan, membersihkan, menghilangkan bau tidak sedap, dan antibakteri. Sifat tersebut sering digunakan dalam kosmetik tradisional untuk merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh. Kunyit sering digunakan dalam produk lulur dan ramuan rempah untuk mandi.

Bahan pangan

Rimpang kunyit juga mengandung pati yang berfungsi sebagai bahan pangan. Kunyit dapat diolah menjadi bubur untuk makanan bayi usia 7—12 bulan.