Tak Sekadar Sayuran, Labu Siam Bermanfaat Sebagai Obat Herbal

Pertanianku Labu siam sudah terkenal sebagai sayuran buah yang sering diolah menjadi tumisan atau direbus menjadi lalapan. Sayuran buah ini umumnya dimanfaatkan sebagai bahan campuran masakan, tetapi sebenarnya buah sayuran ini dapat dijadikan sebagai obat herbal.

labu siam
foto: Pertanianku

Di dalam buah labu mengandung alkaloid, saponin, tannin, asam folat, serta berbagai mineral dan vitamin. Kandungan tersebut bisa mengatasi penyakit kolesterol, hipertensi, asam urat, diabetes, dan sariawan.

Untuk mengatasi sariawan, tumbuk halus labu, kemudian campur dengan satu sendok madu. Minum dan oleskan ramuan obat herbal pada bagian yang sedang sariawan.

Sementara itu, untuk mengatasi darah tinggi, parut labu siam kemudian peras. Minum air perasan labu siam secara rutin setiap hari hingga tekanan darah kembali normal.

Anda juga bisa memanfaatkan labu siam sebagai obat herbal dengan cara mengukus dan memakannya secara rutin setiap hari. Jika Anda kurang suka dengan rasa kukusan labu, Anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening atau dicampur dengan sayuran lain.

Tanaman sayuran buah yang sudah populer di Indonesia ini berasal dari Meksiko dan bernama chayote. Di daerah asalnya, tanaman ini tidak menjadi komoditas komersial karena sangat mudah dijumpai. Dari Meksiko, labu siam kemudian menyebar ke Amerika dan seluruh dunia.

Pada dasarnya bagian yang dimanfaatkan sebagai bahan masakan tidak hanya buahnya, akar, batang, biji, dan daun tanaman juga bisa dikonsumsi. Batang tanaman dapat dimakan seperti kentang, sedangkan daunnya dimakan sebagai salad di beberapa negara Asia.

Kandungan serat dan asam folat di dalam sayuran buah ini terbilang cukup tinggi sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui.

Baca Juga:  Jenis Hama yang Kerap Menyerang Tanaman Sayuran pada Instalasi Vertikultur

Hingga saat ini masih belum banyak literatur yang membahas kontraindikasi terkait pemanfaatan labu siam sebagai obat herbal. Hal tersebut disebabkan oleh masih minimnya informasi tentang pemanfaatan labu siam sebagai tanaman obat. Namun yang jelas, sebaiknya jangan konsumsi labu siam secara berlebihan karena dikhawatirkan menimbulkan efek kurang baik.


loading...