Takaran Pupuk Organik yang Tepat Sesuai dengan Umur Tanaman Mangga

Pertanianku — Selama masa pemeliharaan, pupuk harus diberikan dengan kadar yang tepat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman mangga. Pupuk tanaman mangga menjadi salah satu kunci keberhasilan tanaman berbuah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melakukannya sembarangan tanpa memperhatikan kondisi tanaman. Berikut ini takaran pupuk tanaman mangga yang disesuaikan dengan umur tanaman.

pupuk tanaman mangga
foto: Trubus

Berumur lebih dari 1 tahun

Tanaman bisa diberikan pupuk berupa campuran 10 kg pupuk kandang, 2,5 kg tepung tulang, dan 5 kg abu pembakaran kayu. Setiap tahun berikutnya, dosis pupuk ditambahkan dengan 5 kg pupuk kandang, 0,5 kg tepung tulang, dan 1 kg abu pembakaran kayu. Pemupukan dilakukan dengan membuat parit sejauh 30–50 cm dari batang pohon. Lebar parit sebesar 60 cm dan kedalaman 15 cm. Parit dibuat melingkari tanaman. Setiap tahunnya, jarak parit perlu ditambah 15 cm.

Berumur 4–5 tahun

Pada saat berumur 4–5 tahun, tanaman sudah memasuki fase dewasa. Pada fase ini, pemberian pupuk dibedakan menjadi dua macam, yaitu fase sebelum berbunga dan fase berbunga. Pada fase sebelum berbunga, pupuk diberikan pada parit yang berada sejauh lebar tajuk daun dan lebarnya 25 cm. Setelah pupuk tercampur rata dengan tanah, tutup parit dengan tanah, kemudian siram dengan air pupuk kandang atau air kompos jika memungkinkan.

Adapun pemupukan pada fase berbunga, pemupukan baru dilakukan setelah 4 minggu sejak pemupukan sejak pemupukan pertama dengan dosis 1.350 gram pupuk organik. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya.

Setelah panen, sebaiknya tanaman diberikan pupuk organik/kompos/kandang. Lakukan pemupukan menjelang hujan, setelah memanen. Bila tanahnya asam, tambahkan kapur untuk meningkatkan pH sehingga mencapai kondisi optimum (5,5–6,0).

Berumur 9 tahun

Jumlah pupuk yang diperlukan adalah 50 kg pupuk kandang, 7,5 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu per pohon.

Baca Juga:  Kementan Minta Pemda Proteksi Harga TBS Pekebun

Berumur 10 tahun

Pupuk yang diberikan adalah 50 kg pupuk kandang, 7,5 kg tepung tulang, dan 15 kg abu pembakaran kayu, serta ditambah 3 kg bungkil kelapa bila tersedia.

Berumur 15–25 tahun

Pada saat ini biasanya tanaman mangga sudah lemah atau tidak produktif. Untuk mengembalikan produktivitasnya, tanaman perlu diberikan campuran pupuk berupa 100 kg pupuk kandang, 10 kg tepung tulang, dan 15 kg abu kayu.