Takaran Pupuk Tanaman Durian yang Tepat

Pertanianku — Selama masa perawatan tanaman, Anda perlu memberikan pupuk pada tanaman durian secara rutin agar pertumbuhannya berjalan lebih optimal. Takaran pupuk yang diberikan harus disesuaikan dengan umur tanaman. Sementara itu, cara aplikasinya ditentukan dengan pupuk pohon durian yang digunakan.

pupuk pohon durian
foto: Pertanianku

Untuk tanaman durian yang masih muda, pupuk yang digunakan adalah NPK, kompos, larutan POC, pupuk daun, dan kapur pertanian. Kapur pertanian atau dolomit diberikan secara merata di area bawah tajuk dengan dosis yang disesuaikan oleh umur tanaman.

Pupuk kompos sudah diberikan sejak tanaman berumur 3—4 bulan setelah tanam atau setelah tanaman mengalami pertumbuhan tunas. Setelah memasuki tahun kedua, pupuk kompos diberikan kembali sebanyak 20—25 kg pada akhir musim hujan.

Pupuk NPK baru bisa diberikan saat tanaman sudah berumur tiga tahun. Pemberiannya dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Jika pemberian dilakukan bersama kompos, perlu diulang setiap empat bulan.

Pemupukan NPK pertama saat tanaman berumur tiga tahun dapat dilakukan dengan mencampur NPK, kapur, dan kompos dengan komposisi 100—150 gram NPK, 300 gram kapur, dan 30 kg kompos. Pemberian dilakukan setiap empat bulan sekali. Dosis NPK pada pemberian kedua dan ketiga sekitar 100—150 gram.

Setelah tanaman dewasa, pupuk kompos dan kapur dolomit perlu diberikan setiap satu tahun sekali. Pupuk diberikan dengan cara ditabur di area bawah tajuk tanaman, dosisnya disesuaikan dengan diameter batang.

Pupuk NPK perlu diberikan sebanyak tiga kali dalam setahun. Waktu dan dosis pemberiannya harus disesuaikan dengan ukuran batang tanaman. Untuk mendapatkan takaran pupuk yang lebih pasti, Anda bisa simak infonya di dalam buku Durian. Tidak sekadar info pupuk, Anda akan mendapatkan berbagai info menarik lainnya seputar durian yang berguna untuk menambah wawasan Anda. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Tips Membeli Pupuk Organik di Pasaran

Pupuk daun diberikan sebanyak satu kali tiap 2 minggu saat bunga mulai muncul hingga pemasakan daun. Pupuk daun perlu diberikan secara merata ke seluruh permukaan daun luar dan dalam tajuk.


loading...