Taklukan Hama Kakao dengan Bahan Alami Ini


Pertanianku — Meski penampilannya tidaklah cantik, nyatanya buah kakao mampu memberikan rasa yang enak. Banyak orang yang memanfaatkan buah ini sebagai aneka produk, mulai dari makanan, minuman, bahan kosmetik parfum dan sebagainya. Akan tetapi, hama kakao seringkali menjadi penghambat dalam budidayanya.

hama kakao
Foto: Shutterstock

Hama utama yang menyerang buah kakao adalah penggerek buah, Conopomorpha cramerella. Hama tersebut biasa meletakkan telurnya pada alur kulit buah. Setelah jadi larva, ia menusuk buah kakao itu.

Ironisnya, efek dari serangan hama ini bisa mencapai 60—84 persen. Tak pelak petani kakao pun gigit jari lantaran hasil panen menyusut karena hama tersebut.

Lantas, bagaimana cara menghalau hama Conopomorpha cramerella tersebut? Menurut penelitian Wawan W. Efendi dan Zulaikhah Nuraini, alumnus Universitas Muhammadiyah Malang, daun sirsak sangatlah efektif dalam mengendalikan dan membasmi hama penggerek buah.

Daun yang bernama Latin Annona muricata itu mengandung senyawa acetogenins antara lain asimisin, bulatacin, dan squamosin.

Cara aplikasi daun sirsak untuk tuntaskan hama Conopomorpha cramerella pun terbilang mudah. Anda cukup menyemprotkan pestisida nabati yang dibuat dengan bahan dasar daun sirsak ke tanaman dan buah kakao.

Hasilnya, penggerek mati 100 persen setelah 24 jam. Pengaplikasian daun sirsak sebagai pembasmi penggerek buah sebaiknya pada saat fase imago (dewasa).

Baca Juga:  Buat Sendiri Nutrisi Tanaman Hidroponik Sederhana