Tanam Ubi Jalar di Pekarangan, Begini Caranya

Pertanianku Menanam ubi jalar di pekarangan mudah dilakukan. Tanaman sayuran umbi yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari konsumsi sebagai sumber karbohidrat pengganti beras, sampai diolah menjadi camilan yang lezat dan kaya manfaat.

Menanam ubi jalar
Foto: pixabay

Cara melakukan penanaman ubi jalar sangat mudah. Sebelumnya, Anda harus melakukan setek pada ubi jalar terlebih dahulu. Jika hasil setek sudah bisa digunakan, langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai berikut.

Galilah lubang pada lahan yang akan Anda gunakan. Luasan lahan bisa Anda sesuaikan dengan lahan yang dimiliki. Tiap lubangnya sebaiknya diberi jarak 30—60 cm dengan lubang lainnya.

Loading...

Sementara, untuk kedalamannya, lubang ini sebaiknya digali sedalam panjang akar setek yang akan ditanam. Panjangnya bisa mencapai 2 cm atau lebih, tergantung panjangnya akar setek ubi jalar yang Anda miliki.

Jika lubang sudah dibuat, mulailah memasukkan setek ubi jalar ke dalamnya. Umbi ini nantinya akan tumbuh di dalam tanah. Tutup tanaman setek ubi jalar dengan tanah.

Di bagian atas tanah, Anda bisa meletakkan mulsa atau penutup tanaman. Fungsi mulsa ini untuk melindungi tanaman dari gulma dan penyakit. Berbagai jenis mulsa bisa Anda gunakan mulai dari serpihan kayu hingga plastik.

Jangan lupa untuk memberikan pengairan yang sesuai kebutuhan ubi jalar. Di awal penanaman, penyiraman bisa dilakukan dalam kurun waktu yang lebih sering. Hal ini karena tanaman sedang memasuki masa awal pertumbuhan sehingga membutuhkan lebih banyak air. Anda bisa melakukan penyiraman selama satu kali dalam satu hari.

Seiring dengan pertumbuhan ubi jalar, Anda sebaiknya mengurangi intensitas penyiraman air. Hal ini karena ubi jalar merupakan tanaman yang biasa tumbuh pada tempat yang panas dan tidak memiliki air yang menggenang.

Baca Juga:  Tips Makan Kentang untuk Penderita Diabetes

Tanaman yang sudah rutin disiram pun bisa ditunggu perkembangannya. Perkembangan ini akan tampak dari banyaknya daun yang tumbuh di bagian atas tanah. Sementara, di bagian bawah tanah yang tidak terlihat, akar-akar ubi jalar akan membentuk bonggol ubi yang berfungsi menyimpan cadangan makanan.

Umbi ubi jalar bisa dipanen setelah kurang lebih empat bulan penanaman. Ubi ini sudah mencapai kematangan yang sempurna. Pemanenan ubi pun sebaiknya dilakukan pada hari-hari akhir sebelum memasuki musim hujan. Pemanenan pada waktu ini memungkinkan Anda mendapatkan ubi jalar dengan ukuran yang lebih besar dan rasa yang lebih lezat.

Loading...
Loading...