Tanaman Air yang Bagus Untuk Tanaman Hias

Pertanianku Tanaman air merupakan tanaman yang tumbuh di tempat yang memiliki tingkat kelembapan sangat tinggi seperti di air. Tanaman banyak dimanfaatkan menjadi tanaman hias yang cantik menghiasi pinggiran kolam atau menjadi tanaman hias di pekarangan. Tanaman air juga bisa dijadikan tanaman pagar yang menimbulkan kesan alami.

tanaman air
foto: http://henibiostory.blogspot.com/

Biasanya tanaman air digunakan menghias kolam yang ada di rumah untuk menghidupkan nuansa alami. Namun, tanaman air juga bisa ditata di dalam pot unik sehingga lebih fleksibel untuk diatur dan dipindahtempatkan. Berikut ini beberapa jenis tanaman air yang sering dijadikan tanaman hias.

Bacopa caroliniana

Loading...

Tanaman ini sering digunakan untuk melengkapi keindahan kolam di pekarangan. Bacopa caroliniana merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah memiliki bunga berwarna ungu yang muncul di bagian ujung tangkai. Daunnya berbentuk agak bulat dan tumbuh saling bertumpuk kompak. Warna daunnya hijau terang serta bunganya yang berwarna ungu membuat tanaman ini sangat kontras dan indah untuk dipandang.

Echinodorus sp.

Tanaman ini bisa menjadi pelengkap kolam ataupun ditata di dalam pot agar tampilan lebih cantik. Bentuk daun Echinodorus sp. bulat melebar atau sedikit lonjong. Daunnya menghadap ke atas dan memiliki batang yang cukup panjang. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat menarik berbentuk seperti melati. Bunga memiliki 3 helai kelopak yang berwarna putih dan tumbuh berderet dalam satu tandan.

Eceng gondok atau Eichornia crassipes

Tanaman ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di dalam kolam karena bisa menghidupkan kesan natural dan sedikit liar. Apalagi, jika tanaman ini ditanam secara masal, eceng gondok dapat menciptakan daya tarik yangi indah. Tanaman ini merupakan tanaman mengapung yang memiliki kantung udara di bagian daunnya. Daunnya berwarna hijau mengilap dipadukan dengan bunganya yang berwarna putih keunguan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Tanaman Hias Pelindung

Equisetum hymale

Berbeda dengan tiga tanaman sebelumnya, Equisetum hymale merupakan tanaman yang berbentuk seperti anak bambu yang bagus ditanam di dalam pot gerabah atau sebagai pelengkap kolam. Tanaman ini memiliki batang yang berbuku-buku seperti bambu dan tumbuh merumpun.

 

 

Loading...
Loading...