Tanaman Ajaib Witch Hazel Punya Manfaat Hebat


PertaniankuWitch hazel adalah nama salah satu tanaman yang paling sering digunakan pada kulit dan kepala. Tanaman ajaib witch hazel secara luas dikenal karena kemampuannya untuk meredakan peradangan dan menenangkan kulit sensitif.

Witch hazel
Foto: Pixabay

Witch hazel juga bisa ditambahkan pada teh herbal dan dikonsumsi dalam jumlah kecil sebagai pengobatan alami untuk beberapa kondisi kesehatan lainnya. Berikut beberapa manfaat dan kegunaan dari witch hazel.

  1. Mengurangi peradangan

Witch hazel mengandung banyak senyawa dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, termasuk asam galat dan tanin. Witch hazel juga mengandung anti-oksidan yang membantu mencegah peradangan meluas dan menetralisir radikal bebas yang merupakan senyawa penyebab penyakit menumpuk di tubuh.

Oleh karena itu, witch hazel bisa untuk mengurangi masalah terkait peradangan seperti jerawat, eksim, atau psoriasis. Studi menunjukkan bahwa witch hazel yang dioleskan bisa secara efektif mengurangi peradangan dan membantu menenangkan kulit.

  1. Mengurangi iritasi pada kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menerapkan witch hazel secara topikal pada kulit sensitif bermanfaat dalam perawatan kulit yang meradang, iritasi, atau patah. Bahkan, witch hazel telah terbukti dapat menekan eritema (kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh cedera atau iritasi) hingga 27%.

Satu studi pada 40 orang menemukan bahwa menggunakan lotion dengan 10 persen ekstrak witch hazel saja efektif dalam mengurangi peradangan kulit dan mengobati eritema.

  1. Membantu mengobati wasir

Witch hazel sering digunakan sebagai obat alami untuk memberikan bantuan dari ketidaknyamanan dan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir. Pengaplikasiannya bisa dengan dibubuhkan langsung ke area yang terkena menggunakan kapas atau kain untuk menenangkan kulit.

  1. Mengurangi sensivitas kulit kepala

Sensivitas pada kulit kepala bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari perawatan rambut kosmetik hingga kondisi dermatologis seperti psoriasis atau dermatitis seboroik. Mengaplikasikan sedikit witch hazel ke kulit kepala sebelum keramas bisa membantu merawat kepekaan kulit kepala dan mengurangi gejala-gejala seperti gatal.

  1. Mengurangi sakit tenggorokan
Baca Juga:  Khasiat Minyak Jagung Bisa Turunkan Kolesterol

Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan bertindak sebagai astringen, witch hazel kadang-kadang digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Merebus satu sendok teh (5 ml) witch hazel dalam satu cangkir (240 ml) air selama sekitar 10 menit, kemudian berkumur dengan campuran tersebut bisa mengurangi rasa sakit.

  1. Melindungi kulit dari kerusakan

Witch hazel kaya akan tannin, senyawa tumbuhan alami dengan sifat anti-oksidan kuat yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan saat dioleskan.

  1. Melawan jerawat

Berkat sifat antiradangnya yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa witch hazel bisa berguna untuk mengurangi jerawat. Cara pemakaiannya bisa dibubuhkan langsung ke wajah setelah pembersihan atau mengukus tanamannya untuk efektivitas maksimum.

Witch hazel di sini bertindak sebagai astringent, menyebabkan jaringan berkontraksi untuk membantu mengecilkan pori-pori, sambil menenangkan kulit dan menghilangkan peradangan. Dengan begitu, bisa mencegah bakteri penyebab jerawat memasuki pori-pori Anda.

Untuk pemakaian ke kulit, jangan lupa untuk mengecek sensitivitas kulit Anda terlebih dahulu. Untuk konsumsi, 3—4 sendok teh (15—20 ml) dari witch hazel per hari masih dianggap aman.