Tanaman Belimbing Sudah Tua Tapi Tidak Kunjung Berbuah? Lakukan Ini!

Pertanianku — Banyak ditemukan kasus tanaman belimbing yang sudah tua tapi tidak kunjung berbunga dan berbuah. Hingga akhirnya pohon tersebut justru ditebang karena dianggap tidak bisa menghasilkan. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menebangnya, coba lakukan perangsangan terlebih dahulu agar tanaman mau berbunga. 

tanaman belimbing
foto: pixabay

Tanaman yang sudah berumur empat tahun dan tidak berbunga bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kekurangan hormon bunga. Ada beberapa cara untuk merangsang tanaman supaya bisa cepat menuju fase generatif, simak ulasannya berikut ini. 

Mengikat batang dengan kawat yang kuat

Pengikatan batang dapat menyebabkan translokasi hara dari daun ke akar dibatasi. Namun, proses fotosintesis karbohidrat masih berjalan normal sehingga terjadi keseimbangan antara C/N ratio dalam tanaman. Pengikatan bisa dilakukan dengan cara berikut. 

  • • Gunakan kawat sebesar lidi untuk mengikat batang yang tingginya kira-kira 10 cm di atas permukaan tanah. 
  • • Lakukan hal yang sama di bagian atasnya dari bagian yang diikat tadi dengan jarak 3–5 cm. 
  • • Biarkan ikatan tersebut dan jangan dibuka. 

Melengkungkan cabang

Pelengkungan cabang dapat dilakukan dengan melengkungkan cabang-cabang yang tumbuh ke atas tress samping. Pelengkungan cabang bisa dibantu dengan tali rafia. Setelah dilengkungkan, potong bagian ujung cabang tersebut. Dengan cara ini, hormon bunga yang terdapat di dalam cabang bisa didistribusikan secara merata. 

Suntik tanaman

Perangsangan bisa dilakukan dengan menyuntik tanaman dengan larutan Paklobutrazol atau culter 100–500 ppm sebanyak 10–100 cc. 

Membuat tanaman stres

Anda bisa mengurangi pemberian air atau mengeringkannya selama satu bulan, kemudian berikan air sebanyak 2–6 liter/pohon atau bergantung pada besarnya pohon. Cara ini cukup berisiko karena tanaman harus melalui proses pengeringan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu batas titik kelayuan tanaman agar tidak menyebabkan tanaman kekeringan. 

Kelayuan tanaman ditandai dengan terkulainya daun-daun. Apabila gejala tersebut sudah terlihat, tanaman harus segera disiram. Jika daunnya didiamkan terkulai selama dua hari, kemungkinan besar tanaman akan mengalami kematian.

Baca Juga:  Petani Perlu Menguasai Teknologi Pascapanen yang Benar