Tanaman Bisa Mendeteksi Keberadaan Sumber Air, Benarkah?


Pertanianku – Percayakah Anda bahwa tanaman bisa mendeteksi keberadaan sumber air? Pasti, Anda ragu dengan hal tersebut. Namun, percaya atau tidak, belum lama ini terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Western Australia telah menemukan fakta bahwa tanaman sebenarnya jauh lebih kompleks dan maju daripada yang pernah diperkirakan manusia sebelumnya. Tumbuhan mampu mendeteksi dan merespons untuk menemukan sumber air agar mampu bertahan hidup.

Peneliti UWA menemukan bahwa tanaman dapat merasakan getaran suara dari air bergerak melalui pipa atau di dalam tanah, berlari untuk membantu akar mereka bergerak menuju sumber air. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tanaman tidak suka suara tertentu dan akan menjauh dari suara tertentu.

Peneliti utama Dr. Monica Gagliano dari UWA Center of Evolutionary Biology di Sekolah Hewan Biologi mengatakan, air adalah kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup tanaman dan penelitian juga menunjukkan bahwa suara memainkan peran penting dalam membantu tanaman memenuhi kebutuhan ini.

“Kami menggunakan kacang tanaman (Pisum sativum) sebagai model untuk studi kami dan menempatkan tanaman ke dalam wadah yang memiliki dua tabung di dasar dan memberikan pilihan dari dua arah untuk pertumbuhan akar. Kemudian memperdengarkan serangkaian suara pada tanaman, termasuk white noise, air, dan kemudian rekaman air yang mengalir di bawah setiap tabung dan mengamati perilakunya,” ungkap Dr. Monica Gagliano.

Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa tanaman bisa menemukan sumber air dan sistem akar mereka tumbuh terhadap sumber yang didasarkan pada penginderaan suara air mengalir saja. Penelitian ini memiliki implikasi penting untuk memahami perilaku tanaman dan bagaimana hal itu memengaruhi kelangsungan hidup tanaman itu sendiri.

Baca Juga:  Jenis-jenis Ikan Arwana yang Perlu Anda Ketahui