Tanaman Buah Tidak Kunjung Berbuah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pekebun tanaman buah adalah tanaman tidak kunjung berbuah meskipun sudah diberikan perlakuan sesuai dengan saran penjual. Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan tanaman tidak kunjung berbuah. Berikut ini beberapa penyebab tanaman tidak berbuah.

tanaman buah
foto: pertanianku

Bunga lebat tapi tidak ada yang berbuah

Saat melihat tanaman sudah berbunga lebat, pasti Anda bernapas lega karena hanya tinggal satu tahap lagi untuk berbuah. Namun, ada beberapa kasus tanaman berbunga lebat tapi tidak kunjung berbuah. Kegagalan pembentukan buah bisa saja disebabkan oleh gugur bunga.

Loading...

Gugur bunga disebabkan oleh pohon mengalami kekurangan nitrogen dan kelebihan kalsium di dalam tanah. Selain itu, penyebab gugur bunga juga bisa diakibatkan oleh pasokan air di dalam tanah, batang bawah bibit okulasi yang digunakan tidak bagus, pohon diserang hama atau penyakit, hujan terlalu deras, angin tertalu kencang, kemarau terlalu panjang, serta penyemprotan pupuk daun yang tidak tepat waktu.

Bunga jantan dan bunga betina tidak masak dalam waktu bersamaan

Pohon yang tidak kunjung berbuah juga bisa disebabkan oleh waktu pembungaan antara bunga jantan dan bunga betina yang tidak tepat waktu. Hal tersebut menyebabkan tidak adanya persarian karena salah satu bunga sudah gugur terlebih dahulu. Kejadian ini sangat sering dialami oleh pohon kelapa.

Tanaman mandul

Pohon Anda yang tidak kunjung berbuah bisa jadi karena pohon mandul. Kemandulan pohon disebabkan oleh terjadinya mutasi gen.

Pemupukan N yang berlebihan

Pemupukan memang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Namun, pemupukan tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dilakukan sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman. Jika tanaman buah sudah memasuki fase pembuahan, tanaman lebih membutuhkan pupuk N yang lebih sedikit agar tanaman tidak terlalu rimbun. Hal tersebut menyebabkan pohon tidak bisa berfotosintesis dengan baik.

Baca Juga:  Sayuran Amaranthaceae yang Sering Dikonsumsi

Proses fotosintesis pohon akan menghasilkan karbohidrat dan karbohidrat tersebut sangat dibutuhkan untuk membentuk bunga dan buah. Jika proses fotosintesis terhambat, pembentukan bunga dan buah juga akan mengalami hambatan.

Loading...
Loading...