Tanaman Buah yang Jarang Ditanam di Pot

Pertanianku — Menanam buah di dalam pot sudah menjadi hobi tersendiri bagi mereka yang menyenangi pohon buah. Ada banyak tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot, mulai dari jeruk, melon, jambu biji, lengkeng, manggis, rambutan, hingga durian. Selain itu, masih banyak buah yang bisa Anda pilih untuk ditanam di pot.

tanaman  buah
foto: pixabay

Buah manggis dan lengkeng mulanya merupakan buah yang sangat sulit untuk ditanam di dalam pot. Namun, seiring perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, kedua jenis buah tersebut sudah bisa dibesarkan langsung di dalam pot. Namun, ada pula tanaman buah yang tidak bisa ditanam di dalam pot dan bahkan masih jarang dilakukan oleh hobiis tanaman buah. Simak ulasan tanaman buah yang jarang ditanam di pot karena tingkat kesulitan yang tinggi.

Pisang

Loading...

Pohon pisang sangat mudah dijumpai di kebun-kebun kosong, pohon tersebut tumbuh liar atau sengaja ditanam dan sekali tumbuh bisa dalam jumlah yang banyak. Namun, sangat jarang ditemukan pisang ditanam di dalam pot seperti jenis pohon buah yang lain. Pisang merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tanaman ini dapat tumbuh di mana saja, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Buah pisang lebih cocok ditanam di tempat terbuka tetapi terlindungi dari tiupan angin yang kencang karena pohonnya mudah roboh dan daunnya mudah sobek. Daun yang sudah sobek akan menghambat proses fotosintesis pohon sehingga produktivitas pohon untuk menghasilkan buah menjadi rendah.

Pohon pisang akan berbuah sekali seumur hidupnya. Setelah berbuah, pohon akan mati. Salah satu alasan mengapa jarang digunakan sebagai buah tabulampot adalah siklus hidupnya yang sebentar.

Baca Juga:  Jus yang Berkhasiat untuk Kesehatan Pencernaan

Nangka besar

Sebenarnya ada pohon buah nangka yang sudah bisa ditanam di dalam pot, yaitu nangka mini. Sesuai dengan namanya, pohon nangka mini menghasilkan buah nangka berukuran mini atau kecil.

Alasan penting nangka besar tidak bisa ditanam di dalam pot adalah pohon tersebut bisa tumbuh besar hingga 25 meter dengan kayu yang keras. Buah ini bisa ditanam di mana saja, dari dataran rendah hingga tinggi. Di Sumatera, banyak orang yang suka menanam pohon nangka. Sementara, di Kalimantan, masyarakatnya lebih senang menanam cempedak.

 

 

Loading...
Loading...