Tanaman Buah yang Sulit Ditanam di Pot

Pertanianku — Dewasa ini tanaman buah dalam pot (tabulampot) semakin dikenal oleh banyak orang, termasuk orang awam. Ada banyak jenis buah yang bisa dijadikan sebagai tabulampot untuk menghias pekarangan rumah dan taman. Namun, tahukah Anda, tidak semua jenis tanaman buah bisa dijadikan tabulampot. Berikut ini beberapa jenis tanaman buah yang tidak bisa Anda tanam di pot.

tanaman buah dalam pot
foto: Pixabay

Manggis

Manggis (Garcinia mangostana) berasal dari Semenanjung Malaysia. Sumber plasma nutfah tanaman ini berada di Malaysia dan Kalimantan Timur. Buah ini merupakan pohon hutan yang tidak begitu tinggi, hanya sekitar 20 meter. Pertumbuhan tanaman manggis terbilang lambat, biasanya daun muda muncul 1–2 kali setahun. Hal ini disebabkan oleh akar sampingnya yang sedikit.

Kelapa

Kelapa termasuk salah satu komoditas terkenal. Tanaman buah ini tumbuh di dataran rendah. Sosok tanaman buah ini bisa tumbuh sangat tinggi. Hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan, tetapi masyarakat Indonesia lebih mengenal buahnya saja karena buah kelapa sering digunakan untuk kebutuhan bahan makanan dan bisa dikonsumsi secara langsung.

Avokad

Di Indonesia, tanaman buah ini lebih terkenal dengan nama alpukat. Avokad merupakan tanaman hutan yang dapat tumbuh tinggi mencapai 20 meter. Pohonnya berkayu dan sosoknya mirip seperti kubah. Avokad bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Di India, avokad ditanam pada ketinggian 0–600 m dpl. Sementara itu, di Meksiko, tanaman buah ini tumbuh di ketinggian 1.000–3.000 m dpl.

Pepaya

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan pepaya, salah satu buah yang sangat mudah ditemui. Tanaman pepaya berbentuk perdu dan bisa tumbuh hingga setinggi 3 meter. Semua bagian tanaman pepaya bergetah putih yang mengandung papain. Pepaya bisa tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 m dpl. Pepaya menyukai daerah dengan lokasi yang banyak hujan (curah hujan 1.000–2.000 mm per tahun).

Baca Juga:  Geliat Pasar Komoditas Kunyit yang Mentereng

Apel

Tanaman apel bisa tumbuh hingga setinggi 10 meter. Akan tetapi, saat ini ada banyak tanaman apel yang dibentuk menyerupai semak sehingga tingginya hanya sekitar 2–3 meter.  Apel hanya mampu tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian 700–2.000 m dpl.