Tanaman Buah yang Sulit untuk Ditanam di Pot

Pertanianku— Tidak semua jenis tanaman buah mudah untuk ditanam di pot, beberapa tanaman buah sulit ditanam karena memerlukan teknik perawatan khusus untuk mendapatkan buah yang melimpah. Hobiis harus mengetahui dengan baik setiap karakteristik dari masing-masing jenis buah. Anda bisa membacanya dengan lengkap di buku 20Tanaman Buah dalam Pot Rajin Berbuah terbitan Penebar Swadaya. Setelah mengetahui dengan pasti masing-masing karakter pohon, proses pemeliharaan akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

tanaman buah
foto : pertanianku

Durian

Tak hanya buahnya yang sulit untuk didapatkan, pohonnya juga cukup sulit untuk ditumbuhkan di pot. Pohon buah ini merupakan pohon buah yang sulit untuk berbuah di pot. Meskipun demikian, saat ini sudah ada beberapa pohon durian yang dikembangkan menjadi tanaman buah dalam pot atau tabulampot. Jenis yang bisa digunakan dan berbuah di dalam bot adalah D24.

Loading...

Durian memerlukan ruang tumbuh yang cukup besar karena tajuknya tumbuh melebar dan rindang. Jenis varietas unggulan yang sering digunakan adalah sunan, sukun, petruk, monthong, bokor, matahari, sitokong, dan hepe. Hanya jenis D24 yang bisa ditanam di dalam pot.

Manggis

Buah yang memilik banyak khasiat termasuk tanaman buah yang sulit ditanam karena berbuah dalam jangka waktu yang lama. Namun, buah manggis menjadi salah satu buah yang bisa ditanam di dalam pot. Jika pohon dirawat dengan benar dan sesuai, pohon dapat berbuah dengan lebat. Jangan menggunakan bibit yang berasal dari cangok dan okulasi karena memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Varietas unggulan yang sering digunakan adalah wanayasa, puspahiang, dan raya.

Rambutan

Buah musiman yang biasanya berbuah pada musim hujan merupakan salah satu buah yang sulit ditanam di dalam pot. Namun, belakangan ini buah rambutan sudah bisa ditanam di pot dengan teknik perawatan yang khusus. Sosok pohon buah rambutan berbatang keras dan kokoh jika ditanam di dalam pot. Jenis rambutan yang bisa digunakan adalah lebak bulus, rapiah, binjai, garuda, analagi, bahrarang, dan sitangkue.

Baca Juga:  Tips Menanam Durian di Pot

Sirsak

Sosok dari tajuk tanaman sirsak terbilang cukup unik sehingga ada beberapa hobiis yang tertarik menanam sirsak sebagai tabulampot untuk menghiasi pekarangan rumahnya. Tanaman sirsak tumbuh menyerupai semak atau perdu. Batangnya keras dan liat, sedangkan daunnya mengilap, tebal dan berbau spesifik. Ada dua jenis sirsak yang bisa dijumpai, yaitu sirsak yang rasanya asam dan sirsak ratu.

 

Loading...
Loading...