Tanaman Buah yang Tumbuh Subur di Dataran Rendah

Pertanianku — Ketinggian dataran suatu tempat sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman, apalagi tanaman buah. Hasil yang diinginkan dari tanaman buah adalah buahnya, ketinggian tanaman akan memengaruhi tanaman untuk menghasilkan buah. Tanaman buah dataran rendah tidak bisa berkembang maksimal di dataran tinggi. Ketinggian yang termasuk kategori dataran rendah adalah 0—800 mdpl. Berikut ini tanaman buah dataran rendah yang sering Anda jumpai.

tanaman buah dataran rendah
foto: pertanianku

Duku

Duku merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Malaysia dan Indonesia tepatnya Kalimantan Timur. Kini, tanaman buah ini sudah tersebar ke berbagai negara di Asia seperti Vietnam, Myanmar, dan India. Di luar Pulau Jawa tanaman ini sering disebut sebagai langsat, tetapi di Jawa sering disebut kokosan.

Loading...

Durian

Siapa yang tidak mengenal buah dengan aroma serta rasanya yang sangat khas. Durian berasal dari Asia Tenggara, terutama dari Malaysia dan Indonesia. Di Thailand, buah ini sudah dikembangkan secara agribisnis dengan prospek yang sangat baik. Sementara, perkembangan agribisnis durian di Indonesia masih terbilang terbatas.

Lengkeng

Lengkeng diduga berasal dari Myanmar yang kemudian menyebar hingga ke Cina Selatan, Taiwan, dan Thailand Utara. Di Indonesia, lengkeng banyak dibudidayakan di Temanggung dan Magelang. Di hutan, pohon buah lengkeng dapat tumbuh hingga mencapai 40 m dan sangat berguna untuk mencegah erosi lereng.

Manggis

Manggis berasal dari Semenanjung Malaysia. Saat ini buah manggis sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang sangat banyak untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Bahkan, sudah banyak perusahan farmasi yang mengesktrasi bagian kulitnya menjadi obat kapsul yang mudah dikonsumsi oleh masyarakat.

Melon

Buah yang sangat segar ini sudah tersebar ke seluruh dunia. Melon merupakan buah yang populer karena sering digunakan pada setiap acara pesta atau dikonsumsi pribadi. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang manis dan menyegarkan.

Baca Juga:  Jaboticaba, Buah Anggur Pohon Asal Brazil

Nangka

Sama seperti durian, buah nangka memiliki rasa dan aroma yang unik membuat sebagian menyukainya dan sebagian lainnya kurang menyukainya. Buah ini berasal dari India dan kini sudah tersebar hingga ke seluruh dunia, terutama di Asia Tenggara.

Loading...
Loading...