Tanaman Buah yang Tumbuh Subur pada Musim Kemarau

Pertanianku — Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Ada beberapa tanaman buah yang tumbuh subur pada musim kemarau. Ada pula tanaman buah yang subur pada musim hujan. Pada umumnya, tanaman yang tumbuh subur pada musim kemarau adalah tanaman buah yang tidak begitu tahan dengan tingkat kelembapan yang tinggi serta suhu udara yang rendah pada musim hujan.

tanaman buah
foto: pixabay

Berikut ini beberapa buah yang tumbuh subur pada musim kemarau.

Anggur

Loading...

Anggur diduga berasal dari daerah Laut Hitam dan Laut Kaspi, kemudian menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan selanjutnya tiba di Asia, salah satunya Indonesia. Buah ini bersifat tahunan dan sangat menyukai sinar cahaya matahari yang cukup. Di Indonesia, pohon buah dibungakan pada musim kemarau agar pada saat proses pembesaran buah terjadi pada musim kering. Buah yang tumbuh pada musim hujan sangat mudah rusak.

Mangga

Mangga merupakan tanaman yang berasal dari Pakistan, India, dan Srilanka, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Ada dua tipe mangga, yaitu monoembrioni dan poliembrioni. Pada dasarnya tanaman mangga tumbuh subur di daerah yang memiliki banyak hujan, tetapi pembuahan yang terbentuk akan kurang baik. Suhu rendah hanya mampu merangsang pembuahan pada pohon, tetapi tidak baik untuk menunjang pertumbuhan buah.

Sementara, jika ditanam pada daerah yang beriklim basah dengan musim keringnya kurang dari tiga bulan, tingkat pembuahan akan sangat rendah. Selain itu, tanaman akan mudah terserang berbagai macam penyakit dan buah yang dihasilkan memiliki rasa agak asam.

Apel

Apel diduga berasal dari sekitar Israel-Palestina, kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di daerah yang beriklim basah, buah ini akan memiliki kendala untuk tumbuh serta rasa buah yang dihasilkan pun kurang manis. Kendala utama yang dirasakan adalah serangan penyakit daun. Tanaman ini hanya dapat tumbuh subur di dataran tinggi. Jika ditanam di dataran rendah, tanaman tidak mampu menghasilkan bunga dan berbuah.

Baca Juga:  Tips Memilih Pohon Buah yang Tepat untuk Tabulampot

Jeruk

Buah yang sangat mudah untuk ditemui ini dapat tumbuh subur di musim kemarau. Di daerah lembap atau saat curah hujan sedang tinggi, tanaman ini sangat mudah terserang penyakit. Di wilayah Indonesia Timur mampu menghasilkan buah jeruk yang bermutu tinggi karena intensitas cahaya matahari yang tinggi.

Loading...
Loading...