Tanaman Bunga Ini Bisa Dimakan dan Bermanfaat Lho!


Pertanianku — Banyak yang belum mengetahui bahwa ada beberapa jenis tanaman bunga hias yang ternyata juga bisa dimakan. Bahkan, bunga tersebut memiliki manfaat sehat sebagai herbal untuk kesehatan. Nah, jenis bunga apa saja sih yang bisa dimakan itu?

tanaman bunga
Foto: Dok. Pertanianku

Nah, untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut ini yang akan membahas beberapa jenis bunga yang bisa dimakan berikut manfaatnya.

  1. Bunga melati

Bunga melati punya beragam manfaat untuk mengurangi jerawat, menurunkan kolesterol, dan detoksifikasi tubuh. Bunga ini bisa Anda sajikan dengan teh.

  1. Bunga mawar

Bunga mawar berfungsi sebagai anti-inflamasi dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, serta kanker. Bunga mawar bisa dijadikan manisan atau teh. Anda pun bisa mengekstraknya dan dijadikan air mawar yang berguna untuk berbagai kebutuhan.

  1. Bunga kecombrang

Bunga kecombrang bermanfaat untuk melancarkan ASI, mengobati penyakit kulit, serta membersihkan darah dan bau tak sedap. Bunga ini biasa digunakan sebagai pelengkap bahan masakan seperti gulai dan laksa.

  1. Bunga turi

Bunga turi kaya akan vitamin dan berguna untuk mengobati sariawan, disentri, batuk, pilek, demam, dan sakit kepala. Tanaman bunga yang satu ini sering disajikan bersama pecel dan lalapan.

  1. Bunga anyelir

Bunga anyelir sering digunakan untuk mengobati sembelit, diare, dan memperlancar persalinan. Cara penggunaannya bisa direbus dan dijadikan minuman hangat.

  1. Bunga dandelion

Bunga dandelion bisa dimakan untuk melangsingkan tubuh dan menambah nafsu makan. Biasa juga dijadikan lalapan.

  1. Bunga matahari

Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, nyeri lambung, dan menstruasi. Bunga ini bisa direbus dan dimakan bersama sayuran lain.

  1. Bunga lavender

Bunga lavender punya manfaat untuk mengatasi insomnia, iritasi pada perut, dan memperbaiki suasana hati. Sajikan saja sebagai manisan.

  1. Bunga kantil
Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Kutu Putih pada Kamboja Jepang

Bunga kantil berguna untuk mengobati vertigo, perut kembung juga sinusitis dan bisa direbus atau dimakan langsung.

  1. Bunga krisan

Bunga krisan berguna untuk melancarkan aliran darah dan menurunkan kolesterol. Bisa kamu jadikan pelengkap lalapan.

Meski sering dikaitkan dengan hal mistis, memakan bunga ternyata memiliki banyak khasiat. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk Anda mencoba variasi makanan baru. Dari bunga-bunga yang disebutkan di atas, mana yang ingin Anda coba makan?