Tanaman Diolah Menjadi Daging, Kok Bisa?


Pertanianku – Beyond Meat merupakan salah satu perusahaan penghasil daging palsu. Daging palsu Beyond Meat ini bukan terbuat dari bahan yang berbahaya. Namun, berasal dari berbagai produk tanaman dengan memanfaatkan teknologi canggih.

Di era modern saat ini berbagai macam teknologi canggih dapat menciptakan apa saja. Bahkan, terkadang sesuatu hal yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya.

Beyond Meat didirikan oleh Ethan Brown di Washington DC. Tidak sendirian, Ethan dibantu ayahnya, seorang profesor yang memiliki ketertarikan di bidang pertanian.

Ethan mengaku menghabiskan waktunya di pinggiran Maryland, tempat lahan pertanian keluarganya berada. Dan, di sanalah dia bisa melihat seharusnya ada cara yang lebih baik dalam menghasilkan daging.

“Daging pada dasarnya terdiri dari lima komponen: asam amino, lipid, dan air, ditambah beberapa mineral dan karbohidrat. Lima komponen itulah yang banyak dijumpai di sumber nonhewani dan tanaman,” ungkapnya.

Kemudian Ethan bereksperimen dengan mengambil lima bahan utama itu dari tanaman dan merangkainya dalam takaran yang pas sehingga menghasilkan daging. Bukan semata-mata ingin membuat tiruan daging, Ethan berpendapat bahwa kebutuhan protein dari hewani memerlukan banyak biaya dalam pengembangannya.

Peternakan sapi, misalnya, membutuhkan lahan yang luas, banyak tenaga kerja, serta dibutuhkan banyak air. Di sisi lain, hanya 30% dari hewan yang dagingnya bisa dikonsumsi oleh manusia, sisanya tidak. Dengan menciptakan daging tiruan, Ethan berharap secara berkelanjutan bisa mengatasi masalah kekurangan sumber protein seperti yang terjadi selama ini.

Temuan Ethan ini memang menarik. Banyak investor dan pengusaha kelas dunia tertarik pada idenya. Kleiner Perkins berbaik hati menyumbangkan dananya untuk kelangsungan penelitian Beyond Meat. Setelah itu, satu per satu investor menanamkan modalnya untuk daging tiruan itu.

Baca Juga:  Jangan Salah! Ada Makanan Sehat yang tidak Benar-benar Menyehatkan

Sebut saja Obvious Corporation (didirikan oleh pendiri Twitter Evan William dan Biz Stone), keluarga Tsai dari Taiwan, Morgan Creek Capital, DNS Capital, Seth Goldman, dan sang miliarder Bill Gates.

Bahkan, pada 2013 Bill Gates sempat menuliskan testimoninya mengenai taco ayam yang dimakannya. Dan tentu saja taco ayam yang dimaksud merupakan ‘daging tiruan’ buatan Beyond Meat.

“Seperti kebanyakan orang, saya pikir tidak akan mudah membodohi saya. Tetapi itu terjadi saat saya diminta mencicipi taco ayam dan diminta pendapat apakah daging yang saya makan asli atau palsu. Daging itu terlihat dan baunya seperti ayam sungguhan. Saya gigit sepotong dan rasa serta teksturnya benar-benar ayam. Saya terkejut setelah tahu bahwa tidak ada ayam sama sekali dalam hidangan itu. Daging yang saya makan sepenuhnya terbuat dari tanaman. Dan saya tidak bisa membedakannya. Yang saya rasakan adalah pengganti daging yang lebih dari sekadar pintar. Itu adalah rasa dari makanan masa depan,” ungkap Bill Gates.

Bahkan, hingga kini Ethan bersama tim mengaku belum selesai bereksperimen mengembangkan daging tiruannya. Daging tiruan Beyond Meat setelah disajikan bahkan tidak seperti daging tiruan! Sungguh inovasi yang menakjubkan bukan?!

loading...
loading...