Tanaman Herbal untuk Asam Urat yang Sangat Mudah Ditemukan

PertaniankuAsam urat diproduksi oleh tubuh sebagai sisa metabolisme protein makanan yang mengandung purin. Oleh karena itu, kadar asam urat di dalam darah bisa meningkat saat seseorang terlalu banyak mengonsumsi daging atau makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Ketika kadarnya sedang naik, biasanya kondisi ini akan diiringi dengan rasa sakit yang tidak nyaman.

asam urat
Foto: pixabay

Walaupun belum banyak penelitian intensif yang mendukung khasiat tanaman obat, khasiat tersebut sudah terbukti secara empiris dapat menurunkan kadar asam urat, baik di dalam darah maupun urine. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkan ramuan herbal. Apalagi, ada beberapa ramuan terbuat dari tanaman herbal yang cukup mudah ditemukan seperti di bawah ini. 

Seledri

Hampir semua bagian tanaman seledri bisa digunakan, mulai dari biji, daun, batang, bonggol, hingga akar seledri. Oleh karena itu, tidak ada ruginya bila Anda mencoba menanamnya sendiri di pot untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Herba ini berbau aromatik, rasanya manis, sedikit pedas, dan sifatnya sejuk. 

Salah satu khasiat biji seledri adalah diuretik. Khasiat tersebut dapat memperbanyak produksi urine sehingga endapan asam urat di dalam ginjal dan saluran kencing bisa tersapu keluar. Sementara itu, bagian akar seledri juga bisa memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretik). 

Daun salam

Daun salam merupakan salah satu komponen dalam bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambahkan aroma pada masakan. Selain menambah cita rasa pada masakan, daun salam juga bisa Anda manfaatkan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit. Daun salam mengandung minyak atsiri, tannin, dan flavonoid. 

Bumbu dapur ini memiliki aktivitas sebagai peluruh kencing (diuretik) dan penghilang nyeri. Khasiat diuretik yang dimiliki daun salam membuat urine keluar sehingga kadar asam urat menurun. Sementara itu, khasiat analgetiknya bisa menyebabkan hilangnya rasa sakit ketika berjalan. 

Buah pare

Baca Juga:  Tumpas Asam Urat dengan Jagung

Di balik rasanya yang pahit, pare berkhasiat mengatasi rematik gout dan batu saluran kencing yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat darah. 

Kumis kucing

Kumis kucing sudah terkenal sebagai tanaman obat yang sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman herbal ini juga berhasiat diuretik sehingga bisa membersihkan ginjal dan saluran kemih.

Itulah beberapa tanaman herbal yang mudah Anda temukan. Saat memutuskan memanfaatkan tanaman herbal, Anda harus mengenal tanaman tersebut dengan baik agar bisa mengetahui efek samping dan khasiatnya. Selain itu, Anda akan lebih mudah menggunakannya sebagai obat karena efektivitas tanaman herbal juga bergantung pada cara pengolahannya. 

Buku Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat bisa menjadi sumber referensi tepercaya saat Anda ingin menggunakan tumbuhan sebagai obat. Buku ini mengulas semua tanaman herbal termasuk keempat jenis tanaman tadi secara lengkap. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mal Penebar Swadaya.