Tanaman Hias Asoka, si Cantik dari India


Pertanianku — Siapa yang belum mengenal tanaman hias asoka? Tanaman asoka adalah tanaman yang memiliki banyak penggemar karena organ bunganya yang dapat memancar seperti kembang api.

tanaman hias asoka
Foto: Google Image

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ixora acuminata ini berasal dari India dan sudah dikenal sebagai tanaman hias. Awalnya, tanaman ini adalah tanaman perdu yang biasa ditemui di hutan-hutan. Nah, karena bunganya yang indah dengan yang warna cerah, akhirnya tanaman ini dibawa ke rumah dan dijadikan tanaman hias.

Tanaman asoka bisa tumbuh hingga 4 meter dan lingkar pangkal batangnya bisa mencapai 40 sentimeter. Namun, bila menjadi tanaman hias, biasanya asoka dibuat tumbuh hanya mencapai 1 meter.

Daun tanaman ini berbentuk lonjong dengan pangkal yang meruncing. Tulang daunnya menyirip dan ukuran daunnya tidak terlalu besar atau panjang. Tanaman asoka memiliki permukaan daun yang terasa halus dan mengkilat atau suram, warna daunnya hijau muda sampai hijau tua. Apabila suhu di sekitarnya terlalu dingin, maka daun tanaman asoka akan berguguran.

Bunga asoka bersifat majemuk, berkelamin dua, serta bergerombol. Kelopak bunganya memiliki bentuk mirip corong, jumlah benang sari ada 4 dan kepala sari menempel pada bagian mahkota bunga. Warna bunga dari tanaman asoka ini bermacam-macam, mulai dari merah muda, merah terang, bahkan jingga.

Ada beberapa pilihan ketika Anda ingin menanam asoka. Bisa membeli bibitnya di penjual tanaman. Bisa juga dengan cara vegetatif, yaitu dengan mengambil bagian batang pohon asoka yang sudah tua. Pilih ranting yang kira-kira panjangnya 15 cm. Kemudian, tancapkan ranting ini ke media semai. Nantinya, akar dan tunas baru akan tumbuh.

Perlu diperhatikan bahwa tanah yang cocok untuk tanaman ini adalah tanah gembur dengan ketinggian 0—400 m dpl. Tanaman asoka bisa tumbuh dengan baik dengan suhu  mencapai 45° C. Asoka juga butuh tempat dengan intensitas sinar matahari yang cukup.

Baca Juga:  5 Moss Terbaik untuk Aquascape

Tanaman hias ini mudah sekali dirawat. Anda cukup menyiram tanaman asoka setiap pagi dan ketika bunga mulai bermunculan, bisa diberikan pupuk tambahan sebulan sekali. Jangan lupa untuk membersihkan tumbuhan liar yang ada di sekitar tanaman asoka agar tidak berebut nutrisi tanah.