Tanaman Hias Harum yang Belum Banyak Dilirik

Pertanianku — Banyaknya jenis tanaman hias digunakan untuk menghias halaman, pekarangan, dan interior bangunan. Selain memberikan keindahan visual, adanya tanaman hias juga bisa memberikan kesejukan tersendiri. Begitu pula dengan tanaman hias harum berikut yang tidak banyak diketahui bisa menghasilkan aroma yang sangat harum.

Sweet pea

tanaman hias harum
Foto: pixabay

Tanaman sweet pea merupakan tanaman hias rambat yang biasa ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki ciri khas aromanya yang harum, terutama dari bunga sweet pea yang berwarna cerah.

Loading...

Seperti namanya, asal mula tanaman sweet pea adalah tanaman penghasil kacang polong. Namun, kini sudah ada tanaman sweet pea yang dijadikan tanaman hias yang juga bisa menghasilkan aroma harum.

Wijaya kusuma

tanaman hias harum
Foto: instagram yumberkebun

Sebenarnya, tanaman wijaya kusuma sudah sangat dikenal di Indonesia. Bahkan, bunga wijaya kusuma menjadi tanaman ikon di beberapa tempat. Bunga ini juga sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia.

Ciri utama dari tanaman ini adalah bunganya yang berwarna putih. Bunga ini hanya akan merekah di malam hari mendekati tengah malam. Pada saar mekar, bunga wijaya kusuma akan memiliki aroma yang sangat harum.

Anda bisa bertanam tanaman hias wijaya kusuma, baik di pekarangan maupun di dalam pot. Selain itu, Anda juga bisa menggantungnya sebagai tanaman hias gantung. Tanaman ini akan tumbuh lebih optimal bila berada di kawasan yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari dalam jumlah berlebih.

Sweet alyssum

tanaman hias harum
Foto: pixabay

Bunga dari tanaman ini memiliki aroma harum yang menarik perhatian. Selain itu, bunganya yang rimbun juga memanjakan mata. Warna dari sweet alyssum yang beragam membuat tanaman ini digemari dan banyak ditanam sebagai tanaman pagar hingga ditanam pada pot.

Baca Juga:  Budidaya Hortensia si Bunga Banyak Warna

Sweet alyssum merupakan tanaman hias dengan harga yang relatif lebih terjangkau ketimbang tanaman hias lainnya. Selain itu, penanamannya pun cukup mudah karena bisa tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Lili

tanaman hias harum
Foto: pixabay

Tanaman lili menghasilkan bunga yang sangat indah, bernama bunga lili. Bunga lili juga dikenal sebagai bunga bakung dan popularitasnya sudah merambah ke banyak negara. Ada lebih dari 100 varietas lili di seluruh penjuru dunia dengan aneka warna yang menggoda mata.

Tak hanya menarik secara penampilan, lili juga memiliki aroma harum yang menggoda. Lili juga merupakan tanaman yang mudah tumbuh di mana saja, termasuk rawa, pegunungan, dan halaman rumah.

Loading...
Loading...